kehamilan

Bentuk Miss V Turut Tentukan Prosedur Persalinan?

Melly Febrida Senin, 25 Nov 2019 07:00 WIB
Bentuk Miss V Turut Tentukan Prosedur Persalinan?
Jakarta - Sebagian besar ibu tentu ingin melahirkan dengan cara normal. Tapi, kalau operasi caesar merupakan pilihan yang terbaik mau tidak mau itulah yang dipilih. Lantas, apa yang membuat seorang ibu di zaman sekarang banyak yang menjalani caesar? Seorang dokter mengatakan vagina yang gemuk bisa jadi salah satu sebabnya.

Dr.Marco Gaudoin, direktur medis di Pusat Glasgow untuk Pengobatan Reproduksi, menjelaskan banyaknya wanita yang tak bisa melahirkan secara alami karena meningkatnya obesitas, Bun. Kata Gaudoin, bila ibu obesitas, jaringan lemak di jalan lahir meningkat.

"Ini membuat jalan lahir jauh lebih sempit, yang membuat bayi lebih sulit melewatinya. Jadi, ibu lebih mungkin mengalami yang disebut 'persalinan macet'," kata Gaudoin mengutip Kid Spot.


Pernyataan dokter ini memang menjadi kontroversi. Setiap wanita yang mengalami caesar, baik itu pilihan maupun darurat pastinya punya jawaban sendiri. Misalnya saja operasi diperlukan karena bayi sungsang. Atau, plasenta pendek, memiliki anak dengan cacat lahir, atau sebelumnya ibu pernah caesar.

Namun, sampai saat ini belum ada bukti medis yang menunjukkan bahwa salah satu faktor terjadinya persalinan caesar dipengaruhi ukuran vagina. Beberapa faktor yang berpengaruh dan sudah terbukti adalah ukurang pinggul atau jalan lahir yang sempit.

Dr.Virginia Beckett dari Royal College of Obstetricians and Gynecologists juga setuju ukuran vagina bukan penyebab dilakukan operasi caesar. Kata dia, beberapa wanita mungkin mengalami persalinan macet selama proses persalinan.

"Justru, itu terjadi karena posisi bayi di jalan lahir atau ketidaksesuaian dalam ukuran jalan lahir dan ukuran bayi," kata Beckett kepada The Sun Online.

Bentuk Miss V Turut Tentukan Prosedur Persalinan?Bentuk Miss V Turut Tentukan Prosedur Persalinan?/ Foto: iStock
Beckett menyadari, obesitas pastinya secara umum berdampak pada kehamilan dan kesehatan ibu. Dan ada bukti wanita yang bobotnya berlebih memang memiliki bayi yang lebih besar. Tapi, itu tidak ada hubungannya dengan vagina.

"Bentuk dan ukuran vagina serta vulva sangat bervariasi tetapi fungsinya tetap sama, terlepas dari berat badan wanita," ujar Beckett.

Dilansir Health Line, operasi caesar bisa dipilih jika induksi tidak berhasil dan persalinan jadi lebih lama. Untuk alasan medis ini, dianjurkan untuk operasi caesar.

Menurut Center for Disesase Control and Prevention, persalinan lama atau persalinan macet merupakan penyebab hampir sepertiga persalinan caesar. Persalinan macet mengacu pada ketika wanita yang baru melahirkan pertama kali butuh waktu 20 jam atau lebih. Kemudian, jika ibu yang sudah pernah melahirkan sebelumnya butuh waktu persalinan 14 jam atau lebih.

Simak 3 tips langsing usai melahirkan dari 3 seleb berikut di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi