sign up SIGN UP search


kehamilan

Pentingnya Mengenal Ciri-ciri Hamil Muda

Asri Ediyati Rabu, 18 Dec 2019 10:45 WIB
Pentingnya Mengenal Ciri-ciri Hamil Muda caption
Jakarta - Beberapa waktu lalu, HaiBunda pernah membahas cryptic pregnancy. Kondisi wanita yang tidak tahu dirinya sedang hamil hingga tiba waktunya melahirkan. Wanita itu juga tidak mengetahui ciri-ciri hamil pada dirinya.

Dijelaskan oleh Michael Cackovic, MD, seorang OB / GYN di The Ohio State University Wexner Medical Center, hal demikian disebabkan ada wanita yang tidak melakukan hubungan seks rutin.


"Tidak mengalami menstruasi rutin, dan tidak secara teratur mengunjungi dokter," katanya dikutip dari WebMD.


Dalam keadaan seperti itu, mungkin Bunda tidak dapat menyadari bahwa sedang hamil. Nah, jika memang sudah merencanakan punya anak, jangan sampai Bunda mengalami seperti itu ya. Oleh karena itu penting nih, bagi kita untuk tahu ciri-ciri hamil muda.

Christine Greves, MD, yang berbasis di Orlando mengatakan kepada Health, jika seorang wanita tidak menyadari kehamilannya, dia tidak hanya melewatkan minum vitamin prenatal yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

"Tetapi dia juga dapat terus minum alkohol atau menggunakan obat-obatan. Keduanya dapat berbahaya bagi wanita. Juga bayi yang sedang berkembang," kata Greves.

Ditambah, jika Bunda memiliki kondisi medis seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, kehamilannya bisa dalam bahaya tanpa intervensi medis.

Apa yang sebenarnya menjadi bagian paling sulit? Yaitu kejutan melahirkan bayi yang tidak Bunda ketahui. Bukan saja trauma secara psikologis, tetapi juga tidak memberi waktu Bunda untuk bersiap menghadapi tanggung jawab sebesar itu.

"Jika Anda melewatkan menstruasi, atau merasa mual atau lelah luar biasa, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk mengetahui alasannya. Jadi Anda tidak akan menghadapi bulan kejutan besar di masa yang akan datang," kata Greves.

Simak juga tips untuk ibu hamil agar kulitnya tidak kering:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi