kehamilan

9 Ciri-ciri Hamil Muda Sebelum Bunda Telat Haid

Asri Ediyati Jumat, 22 Nov 2019 06:59 WIB
9 Ciri-ciri Hamil Muda Sebelum Bunda Telat Haid
Jakarta - Beberapa waktu lalu HaiBunda berbincang dengan salah satu pembaca, Dewi. Ia mengungkap dirinya mudah hamil, makanya ia selalu menggunakan kontrasepsi untuk menjaga jarak kehamilan. Saat hamil pertama, Dewi bercerita dirinya tahu hamil sehari setelah konsepsi.

"Setelah konsepsi, besoknya udah badan pegal semua. Begitu dicek benar, positif hamil," kata Dewi.

Ya, rasanya kayak PMS (pra menstrual syndrome). Adakah Bunda yang merasa demikian? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ciri-ciri hamil muda sebelum Bunda telat haid dilansir Healthline.

1. Payudara yang sakit atau sensitif


Salah satu perubahan paling awal yang mungkin Bunda perhatikan selama kehamilan adalah payudara yang sakit atau pegal. Payudara juga terasa nyeri saat disentuh, atau lebih penuh atau lebih berat dari biasanya. Ini karena meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh.

Gejala ini dapat berlanjut sepanjang kehamilan atau mereda setelah beberapa minggu pertama.

2. Areola yang gelap

Bunda juga bisa melihat areola (area di sekitar puting susu) menjadi gelap. Ini dapat terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan dan seringkali merupakan tanda pertama kehamilan.

3. Kelelahan

Kelelahan sering terjadi selama bulan-bulan pertama kehamilan. Ini karena perubahan hormon. Ditambah lagi kadar gula darah dan tekanan darah Bunda lebih rendah saat ini.
ilustrasi hamil mudailustrasi hamil muda/ Foto: iStock

4. Mual

Mual dan morning sickness biasanya dimulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan. Bunda mungkin mengalami beberapa mual sebelum itu.

5. Keputihan

Bunda mungkin melihat perubahan atau keputihan berlebih di awal kehamilan. Selama trimester pertama, Bunda dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning. Ini karena peningkatan hormon dan aliran darah vagina. Ini dapat berlanjut sepanjang kehamilan seiring serviks (leher rahim) melunak.

6. Pendarahan implantasi

Bunda mungkin mengalami pendarahan implantasi, atau bercak atau pendarahan ringan, sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi biasanya terjadi sekitar seminggu sebelum haid. Pendarahan akan jauh lebih ringan dari haid. Ini akan berhenti setelah satu hingga tiga hari.

7. Sering buang air kecil

Bunda mungkin pernah mendengar bahwa kita sering buang air kecil selama hamil. Ini karena tubuh meningkatkan jumlah darah yang dipompa, sehingga ginjal memproses lebih banyak cairan daripada biasanya. Alhasil lebih banyak cairan di kandung kemih.

Sering harus ke kamar mandi untuk buang air kecil mungkin merupakan tanda awal kehamilan. Ini biasanya terjadi dua minggu setelah pembuahan. Tetapi Bunda mungkin tidak memiliki gejala ini sampai trimester kedua atau ketiga.

8. Suhu tubuh basal naik

Suhu tubuh basal (BBT) adalah suhu saat Bunda sepenuhnya istirahat. Biasanya diambil ketika pertama kali bangun di pagi hari. Peningkatan suhu tubuh basal selama 18 hari setelah ovulasi mungkin merupakan gejala awal kehamilan.

9. Kembung

Jika perut terasa kembung, itu mungkin merupakan gejala awal kehamilan. Sistem pencernaan bisa melambat karena perubahan hormon. Ini dapat menyebabkan kembung, sembelit, atau memiliki gas.
9 Ciri-ciri Hamil Muda Sebelum Bunda Telat Haid
Simak juga alasan kaki tangan bengkak saat hamil melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi