Sign Up search


kehamilan

5 Perubahan Payudara yang Jadi Tanda Bunda Positif Hamil

Siti Hafadzoh Rabu, 29 Jan 2020 15:28 WIB
5 Perubahan Payudara yang Jadi Tanda Bunda Positif Hamil caption
Jakarta - Ada berbagai perubahan tubuh yang bisa menjadi tanda awal kehamilan. Salah satunya, perubahan bentuk payudara.

Selama hamil, beberapa perubahan besar terjadi pada payudara. Bahkan, perubahan ini terjadi sejak beberapa minggu pertama kehamilan. Perubahan ini bertujuan mempersiapkan payudara untuk menyusui.


"Sejak awal kehamilan, hormon-hormon mulai memutar di payudara wanita untuk membuatnya siap menyusui," kata Mary Jane Minkin, MD., profesor klinis kebidanan dan kandungan dikutip dari Parents.


Karena perubahan payudara terjadi sejak minggu awal, ini bisa menjadi tanda kalau Bunda positif hamil. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 perubahan payudara yang bisa jadi tanda Bunda hamil.

1. Payudara membesar

Perut bukanlah satu-satunya bagian tubuh yang membesar ketika hamil, Bun. Sejak minggu awal kehamilan, jumlah jaringan lemak dan aliran darah ke payudara meningkat. Ini berfungsi untuk membantu kelenjar susu berkembang.

Pembesaran payudara selama kehamilan juga cukup cepat. Menurut Minkin, banyak wanita hamil payudaranya membesar sekitar satu cangkir hanya dalam waktu enam minggu kehamilan.

2. Terasa nyeri

Rasa nyeri pada payudara dapat terjadi berbeda-beda. Ada yang mengalaminya hanya pada salah satu payudara. Tapi, ada pula yang merasa nyeri di kedua payudara.

Selama beberapa minggu awal kehamilan, nyeri pada payudara cenderung tidak intens. Rasa nyeri yang hebat pada salah satu area spesifik di payudara umumnya tidak akan dirasakan selama kehamilan.

5 Perubahan Payudara yang Jadi Tanda Bunda Positif HamilIlustrasi hamil/ Foto: iStock
3. Puting sensitif

Hormon kehamilan yang meningkat membuat perubahan pada payudara. Misalnya, puting akan terasa lebih sensitif pada minggu ketiga atau keempat.

Ketika awal kehamilan, puting akan sangat sensitif, bahkan ketika disentuh. Bunda bisa menggunakan sport bra untuk mengatasi puting yang menjadi sensitif ini.

4. Lebih berat

Enam minggu setelah pembuahan, payudara ibu hamil akan terasa lebih penuh dan berat. Ini karena ketika awal kehamilan, hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dan progesteron meningkat. Tujuannya, mempersiapkan payudara siap menyusui ketika si kecil lahir.

"Anda mendapatkan lebih banyak kelenjar yang menyumbang sebagian besar pertumbuhan," kata Katrina Sawatsky, seorang dokter keluarga dikutip dari Today's Parent.


5. Pembuluh darah lebih terlihat

Ketika hamil, pembuluh darah payudara akan lebih terlihat. Ini karena volume darah meningkat sepanjang kehamilan. Volume darah meningkat karena tubuh Bunda perlu mengalirkan nutrisi ke janin yang ada di rahim.

Bunda, simak penjelasan bolehkah ibu hamil makan nanas di video berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi