Sign Up search


kehamilan

Penyebab Puting Payudara Lebih Besar dan Menghitam Ketika Hamil

Siti Hafadzoh Selasa, 28 Jan 2020 17:45 WIB
Penyebab Puting Payudara Lebih Besar dan Menghitam Ketika Hamil caption
Jakarta - Banyak perubahan terjadi ketika Bunda sedang hamil, salah satunya perubahan pada payudara. Ketika hamil, puting pada payudara akan membesar dan berwarna lebih hitam. Apa ya penyebabnya?

Perubahan warna dan ukuran pada puting payudara terjadi ketika memasuki trimester dua kehamilan, yaitu sekitar usia 14-27 minggu. Areola akan berwarna lebih gelap ketika memasuki trimester dua.


"Selama trimester dua, Anda akan menyadari bahwa puting dan areola menjadi lebih besar dan berwarna gelap," kata Dr Danielle Prime, seorang peneliti tentang menyusui dikutip dari Medela.


Areola adalah lingkaran berwarna yang mengelilingi puting. Ketika hamil trimester dua dan tiga, areola menjadi lebih besar dan berwarna gelap. Beberapa orang percaya bahwa ini akan memudahkan bayi untuk mencari puting ketika menyusu, Bun.

Dilansir Medical News Today, areola yang menggelap adalah hasil dari perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Seringkali, areola kembali ke warna sebelum hamil ketika Bunda mulai menyusui. Tapi, terkadang warnanya juga akan lebih gelap satu atau dua kali dari sebelum hamil.

Penyebab Puting Payudara Lebih Besar dan Menghitam Ketika HamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: shutterstock

Puting yang menghitam disebabkan oleh hormon kehamilan. Dikutip dari Firstcry Parenting, kadar hormon yang fluktuatif menyebabkan produksi melanin pada kulit meningkat. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada kulit.

Biasanya, produksi melanin akan meningkat pada daerah yang sudah terdapat pigmen tersebut. Salah satunya, pada areola. Ini yang menyebabkan areola terlihat menghitam, Bun.

Selain ukuran yang membesar dan warnanya yang menggelap, benjolan kecil di areola juga lebih terlihat. Ini disebut sebagai Montgomery tubercles yang menghasilkan minyak pelembab alami. Minyak tersebut berfungsi melindungi puting dari rasa sakit dan infeksi ketika mulai menyusui.


"Faktanya, para ilmuwan percaya, aroma minyak ini mirip dengan cairan ketuban dan dapat membantu bayi yang baru lahir mencari untuk mencari puting," ujar Prime.

Bunda tidak perlu menghilangkan minyak alami ini dengan menggosoknya hingga kering. Untuk membersihkannya, cukup gunakan air hangat, kemudian keringkan.

Bunda, simak tips supaya kulit tidak kering ketika hamil berikut ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi