sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Th Nikah, Zaskia Sungkar-Irwansyah Mantap Program Bayi Tabung di Belanda

Siti Hafadzoh Senin, 10 Feb 2020 08:36 WIB
Zaskia Sungkar dan Irwansyah berencana untuk menjalani program bayi tabung di Belanda. Apa alasan mereka memilih negara kincir angin tersebut? caption
Jakarta - Setelah 9 tahun menikah, Zaskia Sungkar dan Irwansyah mantap melakukan program bayi tabung. Baru-baru ini, mereka mengungkap jika ingin melakukan program in vitro fertilisation (IVF) di Belanda.

Setelah sekian lama, Zaskia baru yakin melakukannya tahun ini karena alasan kesehatan, Bun. Endometriosis yang pernah diidap Zaskia dua tahun lalu, sudah tidak aktif.


"Endometriosisnya sudah tidak aktif, menurut dokter yang operasi kemarin. Jadi, kalau mau IVF atau bayi tabung, bisa silahkan langsung, kata dokternya gitu," ujar Zaskia di YouTube RANS Entertainment.


Hingga saat ini, Irwan dan Zaskia sudah mencari informasi terkait ke beberapa negara. Terakhir, mereka sudah datang ke Belanda.

"Jadi, bayi tabungnya itu kita pinginnya, terakhir kita lagi ngecek di Belanda," kata Irwan.

Zaskia pun menceritakan alasan mereka ingin menjalankan program bayi tabung di Belanda. Itu karena sang ibu, Fanny Bauty yang tinggal di Belanda merekomendasikan salah satu rumah sakit yang terkenal dengan program bayi tabung.

Zaskia Sungkar dan Irwansyah Mantap Program Bayi Tabung di BelandaFoto: Instagram @zaskiasungkar15

Di luar itu, Fanny juga ingin menemani putri sulungnya itu selama menjalankan program bayi tabung.

"Kemarin nyokap gue maksa, 'Ki, coba dong, itu temen Mama di situ berhasil, coba saja. Mama pengen banget nemenin'," ujar Zaskia.

Kakak Shireen Sungkar ini mengatakan, kalau menjalan program bayi tabung di Jakarta, ibunya tidak bisa menemani. Akhirnya, mereka mencoba ke rumah sakit tersebut untuk melakukan bayi tabung. Tapi, mereka masih belum memastikan dimana akan menjalankan program bayi tabung tersebut.

"Tapi, ini belum pasti. Bisa jadi kita di Jakarta juga," kata Zaskia.

Proses bayi tabung memakan biaya yang cukup besar. Selain itu, tidak semua proses bayi tabung akan berhasil, Bun.

Menurut dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp.OG, keberhasilan bayi tabung itu juga sangat dipengaruhi oleh usia, keseimbangan hormon, dan kesehatan. Misalnya, dengan berpikir sehat.

"Hidup sehat, berpikiran sehat. Olahraga berat enggak boleh, harus dikurangi, kalau dia ingin bayi tabung tapi juga ingin olahraga. Pilih yang santai seperti berenang, jalan kaki," kata Yuslam.


Yuslam menyarankan, kalau program bayi tabung gagal dan pasien ingin mencoba lagi, lebih baik menunggu jeda tiga bulan. Ini karena regulasi hormon perlu dinormalkan kembali.

Semoga program bayi tabung yang dijalani Zaskia Sungkar dan Irwansyah berhasil ya, Bun.

Simak cerita Tya Ariestya ketika menjalani program bayi tabung berikut ini yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi