sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Zaskia Sungkar Sulit Hamil Terungkap Usai Jalani Program Bayi Tabung

Annisa Karnesyia Jumat, 04 Sep 2020 23:38 WIB
Zaskia Sungkar saat ditemui di kawasan Cipete. Penyebab Zaskia Sungkar Sulit Hamil Terungkap Usai Jalani Program Bayi Tabung/ Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

Zaskia Sungkar mengungkap kondisinya setelah menjalani program bayi tabung. Istri Irwansyah ini diberitahu dokter alasannya sulit hamil.

Dalam YouTube The Sungkars Family, Zaskia menyampaikan kabar itu, Bunda. Menurut hasil USG transvaginal, ditemukan polip di tubuh wanita 29 tahun itu.

"Sudah bersyukur banget nih, tapi tetap ada bad news-nya. Aku langsung aduh apalagi ya Allah," kata Zaskia, dikutip Jumat (4/9/2020).


"Bad news-nya adalah (dokter bilang), 'Kia, kamu ini, saya melihat kamu ada polipnya dari hasil USG transvaginal, jadi mustahil untuk hamil karena ini panas untuk embrionya enggak akan bagus'," sambungnya

Sebelum mengetahui kabar ini, Zaskia menjalani proses Ovum Pick Up (OPU) di rumah sakit. Ia mengaku sempat takut saat menjalani proses tersebut.

"Takutnya sel telurnya enggak bisa diambil, pokoknya pikirannya udah ke mana-mana deh," ucap kakak Shireen Sungkar ini.

Irwansyah dan Zaskia Sungkar.Irwansyah dan Zaskia Sungkar./ Foto: Instagram Irwansyah dan Zaskia Sungkar

Dari hasil OPU, dari sepuluh sel telur Zaskia, ada empat embrio yang berkembang dengan baik. Embrio ini nantinya dapat ditransfer ke dalam rahim, setelah melalui tahap PGTA untuk identifikasi kromosom.

Namun, beberapa hari usai mendapatkan kabar tersebut, Zaskia diberitahu bahwa dari embrio yang terpilih, hanya satu yang layak untuk ditransfer. Ia mengatakan, kromosom tiga embrio kurang bagus.

"Dari sepuluh telur, sisa empat, sisa satu doang. Berarti kan kalau misalnya kita transfer embrio nanti kalau misalnya enggak jadi, ya udah kita kebayang harus ngulang dari 0 lagi," ucapnya.

Terkait polip yang ditemukan dalam rahimnya, Zaskia harus menjalani operasi, Bunda. Tujuannya untuk melanjutkan proses transfer embrio dan bayi tabung agar berjalan baik.

"Jadi ada operasi buang polipnya, kata dokter ada sedikit polip yang harus dibuang," kata Zaskia.

Kondisi polip yang dialami Zaskia Sungkar terjadi karena pertumbuhan berlebih sel di lapisan rahim (endometrium). Dikutip dari Mayo Clinic, pertumbuhan sel ini bisa meluas hingga ke rongga rahim.

Polip biasanya bersifat jinak, meski beberapa bisa bersifat kanker, Bunda. Menurut dokter dan ahli nutrisi Noreen Iftikhar, MD, polip yang ukurannya kecil terkadang bisa hilang tanpa pengobatan. Namun, jika memiliki gejala, mungkin dibutuhkan perawatan untuk menghilangkannya.

"Dokter mungkin akan melakukan USG panggung jika ada pendarahan yang tidak teratur atau gejala lainnya," ujar Iftikhar, dilansir Healthline.

Simak juga penjelasan dokter soal proses kehamilan dengan bayi tabung, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi