sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri-ciri Hamil Muda, Termasuk Tiba-tiba Menangis Tanpa Alasan Jelas?

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 21:36 WIB
asian depression sad woman is standing by windows alone at home and thinking negative thoughts caption
Jakarta -

Ciri awal kehamilan merupakan hal yang beragam. Bisa saja setiap Bunda hamil mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Rata-rata, di minggu pertama kehamilan, Bunda sering tidak merasakan perubahan yang signifikan sehingga Bunda mungkin tidak menyadarinya. Padahal bisa jadi Bunda sudah sangat menginginkan kehadiran Si Kecil ya. 

Mengutip dari Betterhealth, mungkin ini kedengarannya aneh untuk calon Bunda, tetapi pada minggu pertama sebenarnya kehamilan belum benar-benar terjadi ya. Sebab, kehamilan dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Kehamilan baru terjadi hanya ketika tubuh melepaskan sel telur dari ovarium yang biasanya terjadi antara akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3. 
 
Pelepasan sel telur ini disebut masa subur atau ovulasi yang berarti Bunda subur dan siap untuk hamil. Agar bisa terjadi kehamilan, sel telur yang sudah dilepaskan harus bertemu sperma pada tuba fallopi. 

Ciri-ciri hamil muda

 Melansir Mayoclinic, berikut merupakan tanda hamil muda yang rata-rata dialami para Bunda:


  • Tidak datang bulan

    Jika Bunda berada di masa subur dan satu minggu atau lebih telah berlalu tanpa dimulainya siklus menstruasi yang diharapkan, Bunda mungkin hamil. Namun, gejala ini bisa menyesatkan jika Bunda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Payudara yang lembut dan bengkak

    Perubahan hormonal di awal kehamilan mungkin membuat payudara Bunda sensitif dan nyeri. Ketidaknyamanan kemungkinan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh Bunda menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal.
  • Mual dengan atau tanpa muntah

    Morning sickness, yang dapat terjadi kapan saja, siang atau malam, sering kali dimulai satu hingga dua bulan setelah Bunda hamil. Namun, beberapa wanita merasakan mual lebih awal dan beberapa tidak pernah mengalaminya. Sementara penyebab mual selama kehamilan tidak jelas, hormon kehamilan kemungkinan berperan.
  • Peningkatan buang air kecil

    Bunda mungkin mendapati diri buang air kecil lebih sering dari biasanya. Jumlah darah dalam tubuh Bunda meningkat selama kehamilan, menyebabkan ginjal Bunda memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih Bunda.
  • Kelelahan

    Kelelahan juga menempati peringkat tinggi di antara gejala awal kehamilan. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab kantuk selama trimester pertama kehamilan. Namun, peningkatan pesat kadar hormon progesteron selama awal kehamilan dapat menyebabkan kelelahan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 14 tanda hamil 1 bulan.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA LAIN HAMIL MUDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!