Sign Up search


kehamilan

Cerita Hamil Pertama, Kate Middleton Berharap Mental Ibu Lebih Diperhatikan

Siti Hafadzoh Rabu, 04 Mar 2020 14:42 WIB
Cerita Hamil Pertama, Kate Middleton Berharap Mental Ibu Lebih Diperhatikan caption
Jakarta - Kate Middleton dan Pangeran William saat ini memiliki tiga orang anak, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis. Terlihat sebagai ibu yang sempurna, ternyata Kate juga pernah melewati masa-masa berat sebagai seorang ibu.

Hal itu diungkap Kate dalam sebuah kesempatan. Bunda 38 tahun ini menceritakan kisahnya saat hamil pertama yang penuh tantangan. Menurutnya, saat itu terlalu banyak perubahan yang harus ia hadapi. Terutama soal mengelola emosi.


Ia baru menyadari hal ini selama beberapa tahun terakhir. Untuk itu, ia memutuskan untuk terlibat dalam kampanye perawatan yang lebih baik untuk ibu dan bayi di tahun-tahun awal kelahiran mereka.


"Saya pasti melakukan hal-hal yang berbeda bahkan selama kehamilan pertama saya dibanding yang sudah saya lakukan sekarang, mengetahui pentingnya tahun-tahun pertama," kata Kate dalam podcast Happy Mum, Happy Baby.

Kate mengatakan, seharusnya ia lebih menjaga kestabilan emosinya ketika hamil anak pertama. Ini akan dilakukan Kate jika saja dia sudah menyadari pentingnya perawatan mental ketika hamil anak pertama.

Cerita Hamil Pertama, Kate Middleton Berharap Mental Ibu Lebih DiperhatikanFoto: Instagram @kensingtonroyal

"Kesejahteraan emosional ibu secara langsung berdampak pada bayi yang sedang berkembang," ujarnya dikutip dari Express.

Istri Pangeran William ini baru menyadari pentingnya kestabilan emosional ketika ia hamil anak ketiga. Ketika hamil anak pertama, Kate belum terlalu menyadarinya.

Menurut Kate, ketenangan emosional tidak hanya untuk diri Bunda saja. Ini juga berdampak untuk orang-orang di sekitar Bunda, termasuk keluarga.

Seperti yang dikatakan Kate Middleton, Bunda yang sedang hamil memang perlu menjaga emosi ketika hamil. Ibu yang sedang hamil biasanya mengalami perubahan suasana hati yang naik turun, Bun.


Kondisi tersebut dipengaruhi oleh faktor hormon yang berubah dengan cepat. Melansir Very Well Family, disebutkan jika tingkat estrogen saat hamil memang melonjak lebih dari 100 kali, khususnya pada 12 minggu pertama kehamilan.

Dikutip dari American Pregnancy Association (APA), untuk mengelola emosi, berikut hal yang bisa Bunda lakukan.

1. Tidur yang cukup.
2. Istirahat di siang hari.
3. Lakukan aktivitas fisik yang teratur.
4. Makan dengan baik.
5. Habiskan waktu bersama pasangan.
6. Istirahat secara cukup.
7. Jalan-jalan agar tetap relaks.
8. Menyempatkan waktu untuk nonton film.
9. Jangan terlalu keras pada diri sendiri.
10. Coba kelas yoga atau meditasi kehamilan.
11. Pijat atau pergi ke spa.

Bunda juga bisa simak ciri-ciri hamil dilihat dari perubahan kulit berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi