Sign Up search


kehamilan

Cara Kelola Emosi dan Mood Swing Saat Bunda Hamil 2 bulan

Asri Ediyati Minggu, 16 Feb 2020 09:54 WIB
Cara Kelola Emosi dan Mood Swing Saat Bunda Hamil 2 bulan caption
Jakarta - Masuk bulan kedua kehamilan, Bunda masih merasakan banyak gejala kehamilan. Salah satunya perubahan emosional dan suasana hati yang mudah berubah (mood swing). Perubahan ini terjadi karena perubahan hormon ibu hamil.

Secara khusus ada dua hormon yang begitu berpengaruh yaitu estrogen dan progesteron. Menurut Anita Sadaty, MD, dokter kandungan di Northwell Health, and pendiri Redefining Health Medical, tingkat estrogen melonjak selama 12 minggu pertama kehamilan, meningkat lebih dari 100 kali.


"Estrogen dikaitkan dengan serotonin kimia otak. Anda mungkin tahu serotonin sebagai hormon 'bahagia', yang dicoba untuk ditingkatkan oleh obat anti-depresi. Tetapi serotonin bukanlah koneksi langsung ke kebahagiaan," tulis Sadaty dikutip dari Very Well Family.
ilustrasi ibu hamil mudailustrasi ibu hamil muda/ Foto: iStock
Ketidakseimbangan dan fluktuasi pada neurotransmitter inilah yang dapat menyebabkan disregulasi emosional. Akan tetapi Bunda tenang saja, ini enggak berlangsung lama. Lagipula normal untuk mengalami perubahan suasana hati dalam menanggapi semua perubahan yang Bunda alami dalam kehamilan.


Meski mood swing ini bisa membuat Bunda dari gembira menjadi marah, atau depresi, penting untuk membicarakannya dengan suami supaya konflik tidak membesar.

Dilansir Family Education, memahami dan mengenali perubahan emosional dapat membantu Bunda mengontrol tingkat stres dan perubahan suasana hati dengan lebih baik.

Bagaimana cara kelola emosi dan mood swing di usia kehamilan 2 bulan? Berikut caranya dikutip dari American Pregnancy Association (APA).

1. Tidur yang cukup
2. Beristirahatlah di siang hari untuk bersantai
3. Lakukan aktivitas fisik yang teratur
4. Makan dengan baik
5. Habiskan waktu bersama pasangan
6. Istirahat.
7. Jalan-jalan
8. Lihat film dengan seorang teman
9. Jangan terlalu keras pada diri sendiri
10. Coba kelas yoga atau meditasi kehamilan
11. Dapatkan pijatan, pergi ke spa


Simak juga tips dari dokter mencegah kehamilan ektopik melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/aci)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi