Sign Up search


kehamilan

5 Tanda Kehamilan dari Perubahan Bentuk Payudara, Bengkak Hingga Gatal

Siti Hafadzoh Senin, 24 Feb 2020 17:03 WIB
5 Tanda Kehamilan dari Perubahan Bentuk Payudara, Bengkak Hingga Gatal caption
Jakarta - Tanda kehamilan bisa diketahui dari berbagai perubahan bentuk fisik. Salah satunya, Bunda bisa mengenali tanda kehamilan dari perubahan bentuk payudara.

Ada beberapa perubahan besar terjadi pada payudara ketika Bunda hamil. Bahkan, perubahan ini terjadi sejak minggu-minggu awal kehamilan.

"Sejak awal kehamilan, hormon-hormon mulai memutar di payudara wanita untuk membuatnya siap menyusui," kata Mary Jane Minkin, MD., profesor klinis kebidanan dan kandungan dikutip dari Parents.



Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tanda kehamilan dari perubahan payudara.

1. Sakit dan tidak nyaman

Dikutip dari Medical News Today, rasa sakit pada payudara merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum. Menurut National Institute of Child Health and Human Development, wanita akan merasa payudara sakit, berat atau nyeri sejak 1-2 minggu setelah pembuahan.

Ini terjadi karena kenaikan tingkat hormon di tubuh. Peningkatan aliran darah ke jaringan payudara menyebabkan rasa sakit.

2. Pembesaran

Ibu hamil biasanya mengalami pembesaran ukuran payudara. Ukuran payudara naik sekitar satu atau dua cup adalah hal yang wajar selama hamil.

Pertumbuhan payudara ini bisa dimulai sejak awal kehamilan dan seterusnya. Ukuran payudara juga bisa bertambah ketika Bunda menyusui.

5 Tanda Kehamilan dari Perubahan Bentuk Payudara, Bengkak Hingga GatalIlustrasi hamil/ Foto: iStock
3. Urat lebih terlihat jelas

Volume darah biasanya meningkat sekitar 50 persen selama hamil. Akibatnya, pembuluh darah berwarna biru lebih terlihat di beberapa area kulit, termasuk payudara. Urat atau pembuluh darah tersebut berguna untuk mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk janin.

4. Payudara terasa gatal

Ketika hamil, ukuran payudara membesar. Ini menyebabkan kulit payudara meregang dan menjadi gatal.


5. Puting sensitif

Dikutip dari Healthline, perubahan juga terjadi pada puting payudara. Puting menjadi lebih besar dan sensitif ketika hamil. Selain itu, puting juga warnanya akan lebih menggelap.

Bunda juga bisa simak tips cepat hamil ala Ivy Batuta di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi