sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri-ciri Orang Hamil yang Bisa Dilihat dari Kulit

Asri Ediyati Selasa, 11 Feb 2020 14:49 WIB
Ketika wanita sedang hamil, ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Salah satunya kulit, simak ciri-ciri orang hamil yang bisa dilihat dari kulit. caption
Jakarta - Saat hamil, tentu akan ada beberapa perubahan pada tubuhnya. Perubahan yang terjadi tak lain karena perubahan hormon dan pelebaran kulit.

"Anda mungkin mulai melihat banyak perubahan pada kulit Anda. Anda mungkin melihat perubahan seperti garis kemerahan di perut Anda," tulis American Pregnancy Association (APA).


Akan tetapi, tidak setiap wanita hamil akan mengalami semua perubahan kulit yang sama. Di bawah ini adalah ciri-ciri orang hamil yang bisa kita lihat dari perubahan kulit:


1. Kulit glowing

Para ahli percaya kombinasi hormon, minyak, dan peningkatan 40% dalam volume darah membuat kulit wanita hamil tampak bercahaya selama kehamilan.

"Perubahan hormon kehamilan memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke semua organ, termasuk kulit," kata Judith Hellman, MD, seorang ahli dermatologi bersertifikat yang berafiliasi dengan Fakultas Kedokteran Icahn di Mount Sinai di New York, dikutip dari Everyday Health.

Alasan lain untuk kulit glowing adalah penambahan berat badan, yang mengisi kulit dan 'mengencangkannya' dan membuatnya tampak halus.

2. Berjerawat

Ya, enggak semua kulit ibu hamil glowing. Ada yang justru jerawatan.

"Peningkatan kadar progesteron juga memicu lebih banyak "produksi sebum (minyak), menyebabkan berjerawat," jelas Ranella Hirsch, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Cambridge, Mass.
ilustrasi wanita melihat kulitilustrasi wanita melihat kulit/ Foto: iStock

3. Bercak hitam di wajah

Sekitar setengah dari wanita hamil mengalami melasma, yang tampak sebagai bercak besar dan gelap di wajah mereka.

Kadang-kadang disebut "topeng kehamilan," hiper-pigmentasi ini umumnya ditemukan secara simetris di pipi, hidung, dan dahi.

Peningkatan kadar hormon adalah salah satu faktornya, Bunda.

"Estrogen, progesteron, dan hormon perangsang melanosit (yang mengatur warna kulit)," kata Matthew Schulman, MD, asisten profesor bedah plastik di Fakultas Kedokteran Icahn di Gunung Sinai.

4. Keluhan kulit sensitif

Emosi bukan satu-satunya hal yang sensitif selama sembilan bulan kehamilan.

"Kehamilan dapat membuat kulit lebih sensitif - bahkan terhadap produk atau bahan yang tidak pernah mengganggu Anda sebelumnya, kata Elizabeth Hale, MD, profesor dermatologi klinis di NYU Langone Medical Center.

5. Tahi lalat membesar

Tahi lalat bisa menjadi lebih besar atau bahkan bermunculan. Beberapa wanita bahkan mungkin memiliki granuloma piogenik di tangan atau di mulut.

Meskipun sebagian besar biasanya tidak berbahaya, lebih baik segera temui dokter kulit.



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi