Sign Up search


kehamilan

Vanessa Angel Ngaku 'Hamil Kebo', Apa Itu dan Bagaimana Dampaknya?

Annisa Afani Kamis, 05 Mar 2020 19:37 WIB
Vanessa Angel Ngaku 'Hamil Kebo', Apa Itu dan Bagaimana Dampaknya? caption
Jakarta - Vanessa Angel mengabarkan bahwa dirinya selama hamil anak pertama tidak mengalami mual, muntah hingga ngidam, seperti yang dialami banyak ibu hamil muda lainnya. Dia menceritakan pengalamannya tersebut dalam akunnya di media sosial.

Dia mengaku, banyak yang mengirim pesan kepadanya dan bertanya kenapa dirinya lincah dan masih melakukan aktivitasnya seperti biasa meski dalam kondisi hamil. Menurut dia, kondisi setiap ibu hamil itu berbeda.




"Banyak banget baca DM yang lagi hamil muda tapi mereka ga kaya aku. Makan apa aja masuk, ga ada mual/muntah, ngapain aja masih lincah, masih nyetir mobil, naik turun tangga, shooting, jalan-jalan sama suami. Ini juga pengalaman pertama aku hamil, mungkin bawaan setiap bumil berbeda," tulisnya.

Lebih lanjut Vanessa bilang bahwa dirinya 'hamil kebo' karena tidak merasa mual, ngidam dan lainnya. "Awalnya aku enggak tahu lagi hamil karena enggak ngerasa apa-apa, malah masih pakai heels, loncat-loncat, naik turun pesawat buat shooting," imbuhnya.

Bunda, kebanyakan ibu saat tengah hamil akan merasakan mual, ngidam dan lain-lainnya di trimester awal,. Namun ada juga nih bagi sebagian ibu hamil yang malah tidak merasakan gejala-gejala tersebut.

Justru sebaliknya, ibu bisa malas bergerak, beraktivitas dengan normal, minim keluhan, sehat, atau bahkan bisa makan sewajarnya tanpa harus milih-milih seperti ibu hamil pada umumnya.

Tentunya hal tersebut menjadi idaman bagi ibu hamil ya Bun. Dengan begitu kita masih tetap dapat melakukan aktivitas dengan normal tanpa merasa adanya hambatan.
Selain itu, asupan gizi yang dibutuhkan bagi janin dan ibu hamil juga bisa terpenuhi. Sebab dengan begitu, ibu hamil tidak memiliki alasan atau kekhawatiran akan mual atau muntah-muntah setelah makan, seperti yang dialami oleh Vanessa Angel, ya Bun.

Hamil dengan kondisi yang seperti ini disebut sebagai 'hamil kebo'. Dikutip dari berbagai sumber, dalam dunia medis tidak dikenal istilah 'hamil kebo'. Tapi biasanya, istilah itu sering digunakan kaum ibu untuk menyebut kehamilan yang tidak menimbulkan keluhan umum. Tanda-tandanya, seperti tidak mual dan muntah, tidak sulit tidur atau nyeri pada tubuh, tidak pusing, makan segalanya dan menjadi malas beraktivitas karena suka makan dan gampang tidur.


Vanessa Angel Ngaku 'Hamil Kebo', Apa Itu dan Bagaimana Dampaknya?Foto: Instagram/ @mayavorderstrasse

Kehamilan ini terjadi karena tidak semua ibu hamil menjadi sensitif dengan perubahan horman. Jika tubuh ibu merespons perubahan sensitif maka ibu akan sering merasa mual, muntah, pusing hingga lemas.

Hamil ini juga tidak termasuk pada kategori gangguan atau ketidaknormalan pada ibu hamil, sehingga Bunda tidak perlu cemas jika mengalaminya. Bahkan hal ini dianggap normal dan baik-baik saja.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Alfiben SpOG dari RS Permata Depok pernah mengatakan bahwa hamil 'kebo' merupakan hal yang normal.

"Ini normal, dan bisa terjadi pada ibu yang memiliki perasaan malas bergerak. Penyebab lainnya karena ibu hamilnya tidak mengatur konsumsi makanannya, sehingga tidak pilih-pilih," ujarnya.

Lalu apa dampaknya bagi ibu hamil? Jawabannya berbeda yang Bun bagi setiap ibu hamil. Tapi bisa berdampak baik bagi kesehatan ibu dan janin lantaran ibu tidak akan kekurangan asupan makanan dan minuman, sehingga nutrisi janin pun terpenuhi untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Dampak positif lainnya, ibu bisa melakukan aktivitas seperti biasa dan lebih sehat karena ibu cukup tidur dan istirahat. Namun, perlu diketahui juga Bun kalau hamil kebo juga bisa memberi dampak buruk, seperti ibu bisa mengalami kenaikan berat badan karena bisa memakan apapun tanpa mual.



Tak cuma kepada ibu, janin di dalam kandungan juga berisiko lahir dengan berat badan berlebih hingga menyebabkan risiko obesitas pada bayi di masa mendatang. Selain itu, 'hamil kebo' juga bisa membuat ibu malas melakukan aktivitas yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Nah Bunda meski 'hamil kebo' patut disyukuri, tapi perlu diwaspadai dampak buruknya ya. Sebenarnya baik atau buruknya 'hamil kebo' itu tergantung Bunda. Jika menjalaninya dengan baik dan menjaga kesehatan maka menjadi hal yang baik bagi Bunda maupun buah hati.

Bunda juga bisa simak ciri hamil dilihat dari perubahan kulit

[Gambas:Video Haibunda]




(jue/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi