sign up SIGN UP search


kehamilan

Setelah Melahirkan Caesar Pakai Korset Seperti Vanessa Angel, Bolehkah?

Yuni Ayu Amida Jumat, 24 Jul 2020 09:52 WIB
Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah caption
Jakarta -

Artis Vanessa Angel melahirkan anak pertamanya pada Selasa 14 Juli 2020. Istri Febry Ardiansyah alias Bibi ini melahirkan secara caesar.

Di samping itu, baru-baru ini Vanessa terlihat mengenakan korset, Bunda. Hal ini tampak dari sebuah foto yang diunggahnya di Instagram. Ia berharap dengan mengenakan korset tersebut bentuk tubuhnya kembali seperti semula.


"No 1 Best selling korset nih kata temen temenku, kira kira butuh berapa lama ya buat badanku balik lagi seperti dulu?"
tulis Vanessa, dikutip dari Instagram, Jumat (24/7/2020).

Nah, apakah ibu yang baru melahirkan caesar seperti Vanessa Angel boleh mengenakan korset? Terkait hal tersebut, ulasan yang dilansir Parenting First Cry menyebut, jika Bunda melahirkan dengan operasi caesar, disarankan untuk menunggu sampai luka sembuh, sebelum mengikat perut dengan korset. Ini mungkin berarti setidaknya enam hingga delapan minggu. Atau sebelum memutuskan untuk memakai korset, periksa terlebih dahulu dengan dokter apakah Bunda siap untuk pakai korset.


Vanessa AngelVanessa Angel. (Foto: Instagram Vanessa Angel)


Sementara itu, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Obstetrics & Gynecology menemukan bahwa wanita yang mengenakan korset setelah menjalani bedah caesar mengalami lebih sedikit rasa sakit. Ini menunjukkan bahwa korset mungkin merupakan cara yang baik (non-opioid) untuk mengatasi nyeri postpartum.

Penelitian lain mendukung gagasan yang menyarankan bahwa korset dapat membantu mengatasi rasa sakit, tanpa perbedaan perdarahan yang signifikan. Jadi ini memungkinkan ibu untuk lebih fokus pada pemberian makanan dan bonding, serta lebih sedikit terganggu oleh rasa sakit.

Dokter kandungan bersertifikat, Heather Bartos, M.D., bahkan mencatat bahwa korset juga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat gas yang terperangkap dalam perut. Gas ini bisanya sakit menyakitkan, dan korset membantu mengurangi sakit tersebut. Hanya saja, penelitian lain tidak menemukan efek pada pemulihan terkait penggunaan korset untuk ibu baru yang melahirkan melalui operasi caesar.

Di samping itu, Bartos mengatakan jika ingin mengenakan korset setelah melahirkan, pastikan tidak terlalu kencang. Alasannya karena kompresi ekstra memberikan tekanan lebih pada dasar panggul. Serta, untuk yang memiliki luka operasi caesar, pastikan tepi korset tidak mengenai bekas sayatan, karena dapat mengiritasi luka.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi