Sign Up search


kehamilan

Manfaat Minum Teh Jahe bagi Ibu Hamil, Perlu Bunda Tahu

Asri Ediyati Selasa, 10 Mar 2020 16:04 WIB
Manfaat Minum Teh Jahe bagi Ibu Hamil, Perlu Bunda Tahu Manfaat Minum Teh Jahe bagi Ibu Hamil, Perlu Bunda Tahu/ Foto: shutterstock
Jakarta - Saat hamil, mungkin kita agak selektif urusan makanan. Namun, tak jarang masih banyak orang yang sering menganjurkan beberapa makanan dan minuman tertentu. Salah satunya teh jahe yang ternyata memang memberi manfaat bagi ibu hamil.

Teh jahe dibuat dengan merendam akar jahe segar atau kering dalam air panas. Teh jahe bisa membantu meringankan mual dan muntah dan mungkin obat yang efektif untuk meredakan morning sickness.


Namun, Bunda mungkin bertanya-tanya apakah minum teh jahe aman untuk ibu hamil atau tidak? Sebelumnya, kita bahas dahulu manfaatnya berdasarkan temuan dan penelitian.


Menurut Elizabeth Streit MS, RDN, LD, hingga 80 persen wanita mengalami mual dan muntah, juga dikenal sebagai morning sickness, pada trimester pertama kehamilan mereka. Untungnya, jahe mengandung berbagai senyawa tanaman yang dapat membantu mengatasi beberapa ketidaknyamanan kehamilan.

Secara khusus, dua jenis senyawa dalam jahe yaitu gingerol dan shogaol diperkirakan bertindak atas reseptor dalam sistem pencernaan dan mempercepat pengosongan perut, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi perasaan mual.

Gingerol banyak ditemukan dalam jahe mentah, sedangkan shogaol lebih banyak pada jahe kering. Ini berarti bahwa teh jahe yang terbuat dari jahe segar atau kering dapat mengandung senyawa dengan efek anti-mual dan cocok untuk mengobati mual dan muntah pada kehamilan.

"Terlebih lagi, jahe telah terbukti membantu menghilangkan rasa sakit akibat kram rahim, yang dialami banyak wanita hamil pada trimester pertama," ujar penelitian yang berbasis di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), dikutip dari Healthline.
Teh jaheTeh jahe/ Foto: iStock

Efektivitas teh jahe untuk morning sickness

Sebagian besar penelitian yang menganalisis kemampuan jahe untuk meredakan mual di pagi hari menggunakan kapsul jahe. Namun, hasil penelitian Ding M dan rekan-rekan dari University of Queensland masih menyoroti manfaat yang mungkin dari teh jahe, karena 1 sendok teh (5 gram) akar jahe parut yang direndam dalam air dapat memberikan jumlah yang sama dari jahe sebagai suplemen 1.000 miligram (mg).

Satu studi dari Iran yang dipublikasi di NCBI meneliti pada 67 wanita hamil. Ozgoli G dan rekannya menemukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi 1.000 mg jahe dalam bentuk kapsul setiap hari selama 4 hari mengalami lebih sedikit mual dan muntah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi.

Hasil kolektif ini menunjukkan bahwa teh jahe dapat membantu wanita dengan mual di pagi hari, terutama selama trimester pertama.


Simak juga penjelasan dokter soal ibu hamil makan nanas:

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi