Sign Up search


kehamilan

7 Tanda Hamil 1 Bulan yang Sulit Dikenali

Yuni Ayu Amida Senin, 09 Mar 2020 19:18 WIB
7 Tanda Hamil 1 Bulan yang Sulit Dikenali caption
Jakarta - Kehamilan tentu jadi momen membahagiakan bagi tiap pasangan menikah. Hanya saja, kadang wanita hamil kerap tidak menyadari dirinya berbadan dua bahkan setelah kehamilan berusia satu bulan. Lalu, sebenarnya apa saja tanda-tanda hamil satu bulan yang sulit dikenali?

Menurut perawat senior, Debra Sullivan, Ph.D, MSN, RN, CNE, COI, gejala kehamilan sering meniru gejala premenstrual syndrome (PMS). Itulah sebabnya, masa-masa awal kehamilan sering tidak disadari. Namun, salah satu gejala kehamilan yang paling terlihat jelas adalah tidak adanya menstruasi.


"Tanpa melakukan tes kehamilan di rumah, atau melakukan tes darah atau ultrasound, tidak ada cara pasti 100 persen untuk memberitahu Anda hamil sebelum melewatkan menstruasi," jelas Sullivan, dilansir Healthline.


Di samping itu, berikut beberapa tanda-tanda hamil satu bulan yang sulit dikenali, yang HaiBunda lansir dari berbagai sumber, Senin (9/3/2020).

1. Kelelahan

Kelelahan sering terjadi selama bulan-bulan pertama kehamilan. Ini karena perubahan hormon. Ditambah lagi kadar gula darah dan tekanan darah jadi lebih rendah saat hamil.

2. Areola berubah warna lebih gelap

Untuk beberapa wanita, salah satu tanda yang kerap tidak dikenali saat hamil adalah perubahan warna puting susu atau areola, yang terlihat lebih gelap atau menghitam lebih lebar. Perubahan ini disebabkan oleh hormon kehamilan, yang juga respons tubuh dalam mempersiapkan ASI untuk bayi setelah lahir.

3. Mood swing

Selama kehamilan, perubahan mood kerap terjadi. Ini akibat hormon yang memengaruhi psikologis ibu hamil. Perubahan hormon ini kadang dikira sebagai PMS, itu sebabnya tanda hamil ini sulit dikenali.

4. Sakit kepala

Banyak wanita hamil merasakan sakit kepala di awal kehamilan. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa ini adalah tanda hamil, sebelum mereka melakukan pemeriksaan kehamilan. Frekuensi sakit kepala ini juga bisa meningkat selama kehamilan.

5. Payudara bengkak

Sebenarnya payudara bengkak menjadi tanda hamil paling umum di awal kehamilan. Namun, ini kerap tidak disadari oleh ibu hamil karena dikira sebagai tanda PMS. Payudara membengkak ini karena mulai terisi ASI untuk persiapan menyusui setelah bayi lahir. Selain itu, payudara biasanya akan terasa lebih lunak dan sensitif.

6. Indra penciuman sensitif

Saat hamil, sebagian wanita merasa indra penciumannya jadi lebih sensitif. Itu sebabnya, ibu hamil kadang tidak senang jika mencium bau makanan atau bau yang dianggapnya menyengat.

7. Mudah lapar

Salah satu ciri hamil adalah ibu menjadi lebih mudah lapar dari biasanya. Hal ini karena ibu hamil butuh tambahan kalori terutama di awal kehamilan, pada masa-masa pembentukan janin. Tapi seringkali, tanda hamil ini sulit dikenali.


Simak juga intimate interview dengan Marissa Nasution dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi