Sign Up search


kehamilan

Ciri Hamil 6 Minggu, Apa yang Terjadi pada Payudara?

Yuni Ayu Amida Selasa, 10 Mar 2020 20:00 WIB
Ciri Hamil 6 Minggu, Apa yang Terjadi pada Payudara? Ciri Hamil 6 Minggu, Apa yang Terjadi pada Payudara?/ Foto: iStock
Jakarta - Banyak perubahan yang akan dirasakan ibu hamil. Termasuk perubahan pada bagian tubuh, tak terkecuali payudara.

Dijelaskan perawat senior, Debra Sullivan, Ph.D, MSN, RN, CNE, COI, salah satu perubahan yang terjadi pada payudara saat hamil adalah lebih sensitif. Payudara juga terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya. Ini karena meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh.


"Gejala ini dapat berlanjut sepanjang kehamilan atau mereda setelah beberapa minggu pertama," jelas Sullivan, dilansir Health Line.


Tak hanya itu, menurut penjelasan Sullivan, areola juga berubah jadi lebih gelap. Ini mulai terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan.

Senada dengan Sullivan, mengutip ulasan dari What to Expect, selama kehamilan, payudara cenderung sangat sensitif dan lembut. Biasanya ini mulai sekitar minggu ke-4 sampai minggu ke-7 dan berlangsung sepanjang trimester pertama. Tetapi payudara juga akan terus berubah sepanjang kehamilan, yang memuncak dengan produksi kolostrum.

Ciri Hamil 6 Minggu, Apa yang Terjadi pada Payudara?Ciri Hamil 6 Minggu, Apa yang Terjadi pada Payudara?/ Foto: iStock


Lebih lanjut, yang menyebabkan perubahan payudara dan terasa nyeri tersebut karena adanya hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan. Faktor-faktor lain termasuk lemak yang menumpuk di payudara dan peningkatan aliran darah ke daerah tersebut.

Berikut ini beberapa perubahan payudara pada minggu ke-6 kehamilan, hal yang mesti Bunda ketahui:

1. Puting: Selain sakit dan kesemutan, puting mungkin menonjol lebih dari biasanya.

2. Areola: Kebanyakan wanita mendapati areolanya berubah jadi lebih gelap dan semakin besar saat hamil.

3. Pembuluh darah: Pembuluh darah di payudara juga akan terlihat lebih jelas di bawah permukaan kulit, ini yang membawa nutrisi dan cairan dari ibu ke bayi.

Kabar baiknya, payudara Bunda mungkin terus tumbuh, tetapi mungkin akan berhenti sakit setelah trimester pertama. Serta payudara akan kembali seperti sedia kala di bulan-bulan setelah kelahiran.


Simak juga ciri hamil lainnya, dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi