Sign Up search


kehamilan

Ciri dan Gejala yang Muncul pada Kehamilan Usia 2 Bulan

Annisa Afani Minggu, 01 Mar 2020 08:02 WIB
Ciri dan Gejala yang Muncul pada Kehamilan Usia 2 Bulan caption
Jakarta - Saat hamil, Bunda akan merasakan beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh. Namun di usia kehamilan 2 bulan, biasanya tidak ada perubahan drastis yang terlihat secara fisik, selain payudara yang terasa lebih berat dan lebih penuh.

Pada usia kehamilan ini juga Bunda mulai harus melakukan pemeriksaan USG oleh dokter. Dilansir dari detikcom, menurut dr.Hari Nugroho Sp.OG., USG abdominal (dari perut) bisa mendeteksi bayi sejak usia kehamilan 6 atau 7 minggu.


Berikut ciri dan gejala yang dirasakan oleh ibu saat hamil usia 2 bulan:

1. Perubahan suasana hati


Salah satu gejala atau ciri yang biasanya dirasakan oleh wanita hamil adalah adanya perubahan suasana hati. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya hormon yang meningkat seperti progesteron, esterogen, dan human chorionic gonadotropin (HCG)

Selain memengaruhi suasana hati, hormon tersebut mungkin akan menambah buruk suasana hati jika Bunda secara fisik juga mengalami mulas, dan juga pusing.

2. Mengidam

Ciri kehamilan lain yang terjadi di usia 2 bulan ialah mengidam. Tidak begitu jelas bagaimana hal ini dapat terjadi, dan seperti apa referensinya, namun mengidam sudah sangat umum dirasakan oleh kebanyakan ibu hamil.


3. Morning sickness

Bunda akan mengalami morning sickness pada kehamilan di trimester awal. Meskipun rasa mual dan muntah terjadi di pagi hari, gejala ini juga dapat dirasakan dan muncul kapan saja.

Untuk mengatasi hal itu, perlu diperhatikan bagi ibu hamil agar terus menjaga pola makannya. Hindari makanan pedas dan berminyak jika memungkinkan, serta upayakan selalu ngemil makanan ringan untuk menghindari perut kosong. Kabar baiknya, gejala ini akan mereda pada usia kehamilan memasuki trimester kedua.

4. Varises

Akan ada masa terjadinya peningkatan kadar hormon, serta volume darah pada usia kehamilan 2 bulan. Ini akan menyebabkan terlihatnya pembuluh darah di permukaan kulit, baik berwarna biru keunguan atau bahkan berwarna merah. Kondisi ini disebut sebagai varises. Kebiasaan olahraga dapat membantu mencegah varises pada masa kehamilan. Bagi banyak ibu hamil, varises tersebut dapat mereda beberapa bulan setelah melahirkan.

Bunda juga bisa lihat tips agar kulit tidak kering saat hamil pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi