sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Fakta Ibu Hamil Berstatus PDP yang Meninggal dalam Perjalanan ke RS Medan

Annisa Karnesyia Minggu, 05 Apr 2020 19:05 WIB
Wanita hamil dengan status PDP Covid-19 meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. Sebelumnya, kondisi wanita tersebut menang terus menurun. caption
Jakarta - Seorang wanita dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona atau Covid-19 meninggal dunia di Sumatera Utara. Sangat miris, ia diketahui tengah hamil, Bunda.

Ibu hamil berinisial EAA ini meninggal saat dalam perjalanan ke rumah sakit rujukan. Diketahui, kondisinya memang sudah memburuk sebelum itu.


Dikutip dari beberapa sumber, berikut 5 fakta EAA yang diketahui PDP Corona, sebelum dan setelah dinyatakan meninggal:


1. Meninggal dalam perjalanan

EAA meninggal dalam perjalanan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Jumat (3/4/2020) malam. Wanita asal Padangsidimpuan, Sumatera Utara, ini sebelumnya mendapat perawatan di ruang isolasi RSUD Kota Padangsidimpuan, sejak Kamis (2/4/2020). Kondisinya semakin memburuk sehingga dirujuk ke RSUP Haji Adam Malik Medan.

"PDP tersebut setibanya di RSUP Haji Adam Malik sudah meninggal dunia," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut dr.Aris Yudhariansyah, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (5/4/2020).

2. Status PDP

Saat meninggal dunia, status EAA adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19. Ia sempat menjalani isolasi di rumah sakit sebelum akhirnya dirujuk dan meninggal dunia.

Ilustrasi rumah sakitIlustrasi rumah sakit/ Foto: Firdaus Anwar

3. Hamil 6 bulan

EAA diketahui tengah hamil 6 bulan saat terjangkit Covid-19. Wanita 32 tahun itu masih menjadi PDP dan belum terkonfirmasi positif Corona.

4. Belum lakukan rapid test

EAA belum sempat menjalani rapid test, Bunda. Sebab, sebelum sampai RS rujukan, EAA telah meninggal dunia.

"Statusnya masih PDP dan belum sempat di rapid test karena sampai di RS Adam Malik sudah meninggal," ujar Aris, yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut.

5. Dimakamkan di lokasi khusus pasien Covid-19

EAA dikabarkan akan dimakamkan di TPU Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan. Pemakaman ini adalah lokasi khusus bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia.


Bunda, simak juga fakta mengenai social distancing, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!