sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Fakta COVID-19 Varian Delta, Lebih Menular dan Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Annisa Karnesyia Rabu, 23 Jun 2021 11:05 WIB
Corona caption
Jakarta -

Virus COVID-19 varian Delta telah ditemukan di Indonesia, Bunda. Virus ini menjadi varia baru yang perlu diwaspadai karena lebih menular.

Dikutip dari USA Today, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa varian virus ini adalah hasil dari perubahan gen virus yang bereplikasi, lalu bermutasi secara alami dari materi genetiknya.

Sama seperti virus lainnya, virus COVID-19 akan bermutasi. Hal inilah yang menyebabkan munculnya berbagai varian baru virus COVID019, termasuk varian Delta.


Berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 7 fakta tentang COVID-19 varian Delta:

Banner Cocok untuk Tanggal TuaBanner Cocok untuk Tanggal Tua/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

1. Pertama ditemukan di India

Varian Delta merupakan virus penyebab COVID-19 yang pertama kali ditemukan di India. Virus ini pertama kali dideteksi pada Oktober 2020 dan sebelumnya dikenal dengan nama B16172, Bunda.

Untuk mempermudah pengucapan dan pelabelan non-stigma, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengganti nama untuk varian mutasi baru virus ini menjadi Delta. Pelabelan baru ini juga diberikan pada 3 varian baru mutasi virus COVID-19 lainnya, yakni Alpha (B117) yang ditemukan di Inggris, varian Beta (B1351) yang ditemukan di Afrika Selatan, dan Gamma (P1) yang ditemukan di Brasil.

2. Terbukti lebih menular

Varian Delta telah terbukti lebih menular dibandingkan virus induk atau awalnya. Di Inggris, ada lebih dari 42 ribu kasus varian Delta ditemukan. Kasus ini naik 70 persen dari minggu sebelumnya atau naik 29 ribu kasus dalam waktu sepekan.

"Public Health England (PHE) juga melaporkan bahwa varian Delta ternyata 60 persen lebih mudah menular daripada varian Alpha. Juga waktu penggandaannya (doubling time) berkisar antara 4,5 sampai 11,5 hari," kata Mantan Direktur WHO SEARO, Prof Tjandra Yoga Aditama, dikutip dari detikcom.

Simak juga efek samping vaksin selain demam, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BERBAHAYA UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi