sign up SIGN UP search


kehamilan

Kisah Ibu Hamil Positif COVID-19 Bersalin Lebih Cepat, Begini Kondisi Bayi

Annisa Karnesyia Kamis, 10 Dec 2020 20:47 WIB
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. caption
Jakarta -

Melahirkan di tengah pandemi Corona tentu bikin khawatir ya, Bunda. Keadaan bisa diperparah jika ibu hamil terinfeksi COVID-19.

Hal inilah yang dialami Ayu. Wanita yang menetap di Jakarta ini terkonfirmasi positif COVID-19 saat hamil 35 minggu. Ia mulai mengalami gejala sakit tenggorokan sebelum dinyatakan terpapar virus Corona.

Ayu tidak tahu pasti bagaimana dirinya bisa tertular COVID-19. Namun, dia menduga terinfeksi saat bekerja di kantor.


Pada 19 Agustus 2020, Ayu melakukan kontrol rutin ke dokter kandungan. Ia menceritakan pada dokter tentang gejala sakit yang dialami. Saat itu, dokter menyarankan Ayu segera melakukan tes swab.

"Gejala awal itu tenggorokan gatal. Pas banget di hari Rabu, 19 Agustus, kontrol ke dokter, bilang gejalanya," kata Ayu saat dihubungi HaiBunda, Senin (7/12/2020).

"Aku mau minum obat tapi takut, terus dokter bilang, 'Aduh, jangan-jangan Covid'. Katanya ibu hamil lebih rentan."

Ayu sempat enggak yakin kalau sakitnya disebabkan virus Corona. Dokter akhirnya memberi obat batuk biasa dan menyarankan tes swab kalau keadaan tak membaik.

Malam hari setelah pulang dari dokter, Ayu merasa tidak enak badan dan pusing ringan. Gejala ini dialaminya selama dua hari, Bunda.

"Malamnya langsung meriang demam, pusing ringan, badan ngilu. Hari Kamis sampai Jumat, badan enggak enak, tapi Sabtu mulai membaik. Cuma aku masih belum kepikiran tes swab karena anggap ini sakit biasa," ujarnya.

Di hari ketiga, indera penciuman Ayu menghilang. Ia tak sendiri, sang suami juga mengalami gejala serupa.

Lalu, dua hari kemudian, Ayu dan suami akhirnya memutuskan untuk melakukan tes swab di rumah sakit. Keduanya pun dinyatakan positif COVID-19.

"Hari Minggu lewat aplikasi, kita cari rumah sakit buat tes swab dan dapat di Hermina drive thru yang sehari hasilnya keluar," ucap Ayu.

"Senin pagi, kita tes swab dan Selasa hasilnya keluar positif. Keluarga langsung hubungi dokter untuk tindakan dan saya dikasih rujukan ke RS Persahabatan."

Proses perawatan Ayu cukup cepat setelah dikonfirmasi positif COVID-19. Ia juga harus menjalani persalinan singkat. Seperti apa ceritanya?

Klik NEXT ya, Bunda.

Simak juga ciri hamil yang jarang disadari wanita, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensosFoto: HaiBunda
Proses Melahirkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!