sign up SIGN UP search


kehamilan

Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil Ada Hubungannya dengan Jenis Kelamin Bayi?

Asri Ediyati Selasa, 07 Apr 2020 12:47 WIB
Sebuah studi memaparkan ada hubungan antara daya tahan tubuh ibu hamil dengan jenis kelamin bayi. Apa bedanya laki-laki dan perempuan? caption
Jakarta - Mungkin Bunda pernah membaca tanda-tanda hamil anak perempuan atau laki-laki. Entah bentuk perutnya lebih bulat, turun, dan lain-lain. Namun, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengandung anak perempuan mungkin mengalami satu hal yang mungkin tidak dimiliki oleh para ibu yang hamil anak laki-laki.

Para peneliti dari Ohio State University Wexler Medical Center mempelajari 80 wanita untuk menentukan apakah jenis kelamin bayi dapat berdampak pada reaksi kekebalan ibunya terhadap bakteri, dan mereka menemukan sesuatu yang mengejutkan.


"Wanita yang membawa anak perempuan tampaknya mengalami respons peradangan yang lebih besar ketika terpapar bakteri," tulis para peneliti itu dikutip dari Parents.


Apa artinya ini? Temuan mereka menunjukkan ibu hamil anak perempuan tampaknya memiliki lebih banyak sitokin proinflamasi. Sitokin proinflamasi sendiri merupakan protein yang ditemukan dalam sel-sel kekebalan tubuh.

Jika Bunda hamil anak perempuan, sitokin proinflamasi dalam tubuh mungkin lebih banyak berjuang dengan penyakit. Sitokin proinflamasi dapat menyebabkan kelelahan atau pegal-pegal.
ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

"Apa yang ditunjukkan oleh temuan ini adalah bahwa wanita yang membawa anak perempuan menunjukkan respons peradangan yang lebih besar ketika dihadapkan dengan semacam tantangan kekebalan tubuh dibandingkan dengan wanita yang membawa anak laki-laki," kata pemimpin penulis studi Amanda Mitchell, menurut rilis untuk penelitian ini.

"Ini bisa berarti bahwa peradangan mungkin berperan dalam mengapa beberapa wanita yang hamil anak perempuan memiliki reaksi yang lebih parah terhadap penyakit, membuat gejala kondisi seperti asma lebih buruk bagi mereka selama kehamilan."

Tetapi jangan lupa bahwa penelitian ini hanya mensurvei 80 wanita - dapatkah hasilnya didasarkan pada kebetulan sebagai lawan dari hubungan yang sebenarnya? Belum ada cara nyata untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa bedanya hamil anak perempuan dan laki-laki.


Simak juga video tentang penyebab tangan dan kaki bengkak saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi