sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Mencegah Miss V Robek Saat Melahirkan Normal

Yuni Ayu Amida Senin, 04 May 2020 13:14 WIB
In the Hospital, Close-up on a Woman in Labor Pushing Hard to Give Birth, Obstetricians Assisting, Spouse Holds Her Hand. Modern Maternity Hospital with Professional Midwives. caption
Jakarta - Hal yang paling sering terjadi dalam persalinan normal adalah terjadinya robek pada Miss V yang menyebabkannya harus dijahit. Lalu, adakah cara untuk mencegah atau mengurangi terjadinya robekan pada vagina?

Dijelaskan Sherry Ross, MD, seorang OB-GYN dan pakar kesehatan wanita di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California, robeknya vagina ketika melahirkan terjadi di area parineum, yakni antara vagina dan dubur. Ini terjadi ketika bayi didorong keluar. Robekan tersebut spontan, artinya bukan dokter atau bidan yang menangani kelahiran yang membuat luka.


"Selama kelahiran, vagina memiliki peregangan yang cukup untuk memungkinkan bayi untuk lewat. Tetapi sering kali robekan terjadi," jelas Ross, dikutip dari Parents.


Nah, berikut ini tips mencegah vagina robek saat melahirkan, dilansir Living and Loving.

1. Persiapkan tubuh

Ini terdengar sederhana, tetapi penting untuk memastikan bahwa tubuh Bunda siap untuk mulai persalinan. Jalani pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Kalau dokter memberi lampu hijau, sertakan olahraga setiap hari sebagai rutinitas selama kehamilan.

Olahraga meningkatkan sirkulasi, yang pada gilirannya meningkatkan elastisitas kulit. Sementara itu, Bunda juga harus didukung oleh nutrisi dan hidrasi yang baik untuk kesehatan kulit dan otot.

2. Mulai berjongkok

Posisi squat, di mana Bunda berdiri dengan kaki selebar bahu dan berjongkok hingga 90 derajat, akan membantu mempersiapkan otot dasar panggul untuk melahirkan, dan memperkuat otot-otot kaki selama kehamilan. Dengan melakukan berbagai squat, Bunda akan memiliki daya tahan lebih dalam posisi melahirkan. Ini juga memungkinkan gravitasi untuk membantu pembukaan panggul lebih luas, sehingga memberi bayi lebih banyak ruang untuk keluar.

3. Pertimbangkan water birth

Penelitian telah menunjukkan bahwa water birth dianggap tidak terlalu menyakitkan, karena air hangat bertindak sebagai pereda nyeri alami. Ini juga membantu untuk bersantai dan menenangkan Bunda selama kontraksi.

4. Pilih posisi melahirkan yang tepat

5 Tips Mencegah Miss V Robek Saat Melahirkan Normal5 Tips Mencegah Miss V Robek Saat Melahirkan Normal/ Foto: iStock


Posisi Bunda saat mendorong memainkan peran besar terkait apakah vagina berisiko robek atau tidak. Posisi terbaik untuk melahirkan bayi adalah posisi yang Bunda rasa paling nyaman. Tapi, beberapa posisi yang paling tidak membuat stres untuk perineum di antaranya, bersandar ke depan dalam posisi berdiri, duduk berlutut, berbaring samping.

5. Pijat perineum

Melakukan pijat perineum telah terbukti mengurangi risiko robek vagina pada ibu melahirkan untuk pertama kali. Menurut National Childbirth Trust di Inggris, cukup sederhana untuk melakukan pijatan perineum.

Perineum adalah area antara vagina dan anus. Berikut cara memijat area:

- Berbaring di bantal di tempat tidur, dengan kaki ditekuk di lutut, sehingga Bunda atau pasangan bisa menyentuh perineum Bunda.

- Pijat dengan minyak, ke dalam kulit perineum menggunakan jari dan ibu jari.

- Kemudian letakkan jari-jari Bunda sekitar 5 cm di dalam vagina dan tekan ke bawah ke arah anus, pindah ke setiap sisi dalam gerakan peregangan berbentuk U. Ini bisa memberikan sensasi kesemutan atau terbakar.

- Tahan regangan selama 30 - 60 detik lalu lepaskan.


Simak juga intimate interview dengan Marissa Nasution dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi