sign up SIGN UP search


kehamilan

Amankah Melahirkan di Rumah Sakit Selama Pandemi Covid-19?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 04 May 2020 07:00 WIB
Portrait of beautiful pregnant woman relaxing on the sofa at home caption
Jakarta - Merebaknya pandemi covid-19 yang melanda hampir di seluruh penjuru dunia, membuat kekhawatiran bagi banyak orang. Termasuk ibu hamil yang akan melahirkan di masa pandemi saat ini.

Melansir Pregnancybirthbaby, bagi Bunda yang sudah merencanakan untuk melahirkan di rumah sakit, sesungguhnya lokasi tersebut masih menjadi tempat paling aman untuk melahirkan. Apalagi, rumah sakit tentunya sudah memberikan beberapa prosedur baru untuk memastikan Bunda dan bayi tetap aman.


Rumah sakit biasanya juga akan memberlakukan kebijakan ketat. Termasuk di antaranya membatasi orang-orang yang datang ke rumah sakit selama proses persalinan. Termasuk tidak membolehkan orang lain berkunjung, meski keluarga terdekat. Sehingga, hal ini menjadi salah satu upaya pengamanan agar persalinan di tengah pandemi corona tetap aman.


Meski demikian, jika Bunda masih ragu untuk menentukan pilihan tempat melahirkan yang terbaik, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan. Hal ini penting agar Bunda mendapatkan gambaran dan info akurat dari tenaga kesehatan profesional, yang mendukung kelancaran persalinan nantinya, seperti dikutip dari laman Unicef.

Mendapatkan informasi yang tepat serta membuat ketenangan bagi Bunda sangatlah penting. Apalagi, di masa pandemi corona seperti ini, tentunya ada banyak ketidakpastian seperti peraturan yang selalu berubah dengan cepat. Sehingga, mendapatkan dukungan terbaik sangatlah diperlukan.

Bagi Bunda yang ingin mendapatkan support lebih, Bunda juga dapat memanfaatkan jasa doula untuk mendukung kelancaran kehamilan, Bun. Doula merupakan seorang profesional terlatih yang dapat memberikan dukungan kepada seorang ibu hamil sebelum, selama, dan tidak lama setelah melahirkan.

Amankah Melahirkan di Rumah Sakit Selama Pandemi Covid-19?Melahirkan aman saat pandemi corona/ Foto: iStock

"Kelahiran anak merupakan bagian yang penting sehingga mendapatkan support maksimal menjadi hal yang perlu dipersiapkan. Jika ingin menjadi orangtua yang percaya diri, maka Bunda pun harus memulai dengan langkah yang tepat,"ujar Wendy Tay, Direktur ParentLink, seperti dikutip dari laman Straitstimes.


Nah, dengan keberadaan support yang maksimal, tentunya akan membuat Bunda lebih tenang, Bun. Sebab, mendapatkan dukungan dari orang-orang yang profesional serta dukungan penuh dari keluarga tercinta. Tentu ini menjadi modal penting untuk memberikan kelancaran Bunda selama persalinan di tengah pandemi Covid 19.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga yuk cerita Kartika Putri ketika akan melahirkan di rumah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi