sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tanda Bunda sedang Hamil Anak Perempuan Menurut Mitos & Sains

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 13 May 2020 07:00 WIB
5 Tanda Bunda sedang Hamil Anak Perempuan Menurut Mitos & Sains 5 tanda hamil anak perempuan/ Foto: iStock
Jakarta - Bunda sedang hamil anak perempuan? Selain dari pemeriksaan Ultrasonography (USG), ada yang percaya tanda-tandanya bisa dilihat dari perubahan fisik lho.

Mengutip Medical News Today, sebuah studi di tahun 2017 mengungkap bahwa ibu yang hamil anak perempuan mengalami lebih banyak peradangan pada sistem kekebalan mereka, dibanding pada ibu dengan kehamilan anak laki-laki.


Selain fakta di atas, ternyata ada kepercayaan turun-temurun di masyarakat bahwa bentuk perut, raut wajah, hingga warna kulit menjadi tanda jenis kelamin bayi yang ada di kandungan, Bunda. Lalu, bagaimana faktanya menurut sains? Simak penjelasannya di bawah ini:


1. Bentuk perut tinggi

Para orang tua percaya bahwa bentuk perut bisa menjadi pertanda, apakah Bunda sedang hamil anak laki-laki atau perempuan. Tak hanya di Indonesia, ternyata kepercayaan ini juga dipercayai banyak orang di berbagai negara.

Dilansir Parents, ternyata hal berbeda diberikan jawaban para ahli medis nih, Bunda. Bentuk perut yang tinggi lebih mukin menjadi penanda bahwa terjadi gangguan pencernaan. Bukan karena Bunda sedang mengandung anak perempuan.

Kameelah Phillips, MD, IBCLC, dan obgyn di Calla Women's Hospital di New York menjelaskan bahwa perut yang tinggi dapat menyebabkan ruang untuk bayi menjadi lebih sempit.

"Itu benar-benar tergantung pada posisi bayi dan berapa kali Bunda hamil sebelumnya, sehingga memengaruhi bentuk perut dan rahim ibu hamil, serta bagaimana ia mengandung berat badan saat hamil" terang Phillips.

2. Ayah bertambah gendut

Seorang suami yang ikut bertambah gendut, dipercaya para orang tua menjadi tanda jika istrinya hamil anak perempuan.

Menanggapi hal ini, Phillipsh mengakui bahwa berat badan Ayah adalah sesuatu yang berbeda, dan ia belum melihat adanya hubungan dengan jenis kelamin bayi di kandungan Bunda.

3. Jerawat saat hamil

Dulu, Bunda yang berjerawat saat hamil dipercaya sedang hamil anak perempuan. Mitos mengatakan, kalau kecantikan Bunda diserap oleh janin perempuan di kandungan.

Menurut Phillips, hal tersebut tidak benar. Kemunculan jerawat dan kenaikan berat badan sering dijadikan kambing hitam ketika Bunda hamil anak perempuan. Pada kenyataannya, kedua hal itu umum dialami ibu hamil anak laki-laki.

Pregnant woman sitting on her sofa drinking coffee and tea.5 tanda hamil anak perempuan/ Foto: iStock

4. Mengalami morning sick parah

Sebagian ibu hamil mengalami morning sick parah di awal kehamilan. Selama 3-4 bulan pertama akan terus merasakan mual dan muntah, sehingga dipercaya sebagai tanda anak perempuan.

Ternyata, pendapat tersebut tak memiliki dasar kuat, Bunda. Faktanya, penelitian terbaru mengatakan bahwa wanita hamil yang berurusan dengan mual dan muntah lebih cenderung hamil anak laki-laki. Seperti dialami Kate Middleton dan Amy Schumer saat hamil anak laki-lakinya dengan mengalami hipermesis gravidarum.


5. Bunda suka masakan manis

Banyak yang bilang kalau sedang hamil anak perempuan,selera makan Bunda berubah jadi lebih suka makanan yang manis-manis. Bumbu masakan pun jadi cenderung lebih manis. Begitu pula dengan makanan yang diidam-idamkan selama kehamilan.

Tidak ada kebenaran yang nyata mengenai mitos populer satu ini. "Sering dikatakan bahwa suka makan manis adalah indikasi bahwa seorang gadis kecil akan datang," terang Phillips.

Simak juga yuk ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi