sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Tips Mengatasi Gangguan Carpal Tunnel Syndrome pada Ibu Hamil

Annisa Karnesyia Sabtu, 23 May 2020 19:06 WIB
Close up of sad tired woman suffering from pain in hand or wrist sitting on bed at home, girl patient touching wrist feeling hurt joint pain having osteoarthritis disease health problem Tips Mengatasi Gangguan Carpal Tunnel Syndrome pada Ibu Hamil/ Foto: iStock
Jakarta -

Rasa sakit, nyeri, dan kaku di tangan selama hamil bisa saja disebabkan oleh carpal tunnel syndrome (CTS). Gangguan ini memang sering terjadi pada ibu hamil, Bun.

Dilansir Baby Centre, CTS terjadi ketika ada penumpukan cairan di jaringan pergelangan tangan. Pembengkakan (edema) ini menekan saraf median yang ada di sepanjang tangan dan jari.

CTS menyebabkan tangan kesemutan, sakit, dan mati rasa. Bunda juga mungkin mengalami kesulitan untuk menggerakkan jari-jari.


Biasanya CTS akan dirasakan lebih buruk pada tangan yang dominan, terutama di jari telunjuk dan tengah. Mungkin akan sangat menyakitkan saat di malam hari.

Menurut perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN, CTS cenderung muncul menjelang akhir kehamilan pada ibu yang baru pertama hamil dan berusia di atas 30 tahun. Jika Bunda pernah mengalaminya di kehamilan pertama, besar kemungkinan terjadi lagi di kehamilan berikutnya.

"Hingga 60 persen wanita mengalami gejala CTS selama hamil. Sebagian besar terasa ringan dan bisa ditoleransi. Namun, untuk sekitar 10 persen wanita hamil, bisa saja terasa menyakitkan dan mengganggu tidur serta kehidupan sehari-hari," ujar Murray, dilansir Very Well Family, Minggu (23/5/2020).

CTS selama hamil bisa disebabkan karena tubuh mengalami perubahan fisik dan hormonal, Bun. Murray mengatakan, cairan ekstra yang dihasilkan selama hamil dapat menyebabkan pembengkakan di pergelangan tangan dan memberikan tekanan saraf. Penyebab lainnya bisa karena berat badan berlebih, hamil anak kembar, dan diabetes gestasional.

Portrait of young pregnant attractive woman, standing by the window, dressed in casual clothing, day before due datePortrait of young pregnant attractive woman, standing by the window, dressed in casual clothing, day before due date/ Foto: iStock

Cara Mengatasi CTS

Pengobatan CTS dapat dipengaruhi rasa sakit yang dirasakan ibu hamil. Dokter mungkin akan merujuk ke bagian saraf atau ortopedi. Berikut 9 rekomendasi dokter untuk mengatasi CTS:

1. Kompres panas dan dingin secara bergantian di area yang sakit.

2. Menghindari gerakan tangan berulang karena bisa berkontribusi pada rasa sakit.

3. Gunakan sandaran khusus untuk mendukung pergelangan tangan jika Bunda harus mengetik atau bekerja di komputer.

4. Seringlah beristirahat terutama saat memiliki pekerjaan yang menggunakan tangan.

5. Angkat lengan untuk membantu memperlancar cairan mengalir ke area tersebut.

6. Lakukan latihan penguatan jari dan tangan dengan lembut atau pijatan di area yang sakit.

7. Gunakan wrist splints untuk menjaga pergelangan tangan dalam posisi netral, terutama di malam hari saat tidur.

8. Cobalah lakukan pengobatan akupuntur atau gerakan yoga.

9. Bila diperlukan bisa menjalani terapi fisik.

Semoga bermanfaat, Bunda.

Simak juga tips mencegah kehamilan ektopik, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi