sign up SIGN UP search


kehamilan

11 Tanda Hamil Muda, Telat Haid hingga Pendarahan Implantasi

Asri Ediyati Senin, 18 May 2020 16:06 WIB
Ilustrasi hamil 5 minggu 11 Tanda Hamil Muda, Telat Haid hingga Pendarahan Implantasi/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda, penting bagi kita untuk tahu tanda hamil muda. Kenapa? Christine Greves, MD, yang berbasis di Orlando mengatakan kepada Health, jika seorang wanita tidak menyadari kehamilannya, dia tidak hanya melewatkan minum vitamin prenatal yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

"Tetapi dia juga dapat terus minum alkohol atau menggunakan obat-obatan. Keduanya dapat berbahaya bagi wanita. Juga bayi yang sedang berkembang," kata Greves.

Tanda hamil muda dapat mudah diketahui jika Bunda mengenalinya. Untuk itu, simak ciri-ciri hamil muda menurut Jennifer Wu, M.D., F.A.C.O.G., dilansir What to Expect:


1. Telat haid

Jika Bunda melewatkan menstruasi (terutama jika menstruasi Bunda normal siklusnya) sudah saatnya curiga kalau sedang hamil muda. Periode yang terlewat adalah salah satu gejala awal kehamilan yang dialami semua ibu hamil.

2. Kelelahan

Kelelahan adalah gejala awal kehamilan hampir setiap pengalaman calon ibu. Saat Bunda hamil, sejumlah besar energi digunakan untuk membangun plasenta, sistem pendukung kehidupan untuk bayi. Semua itu bisa membuat Bunda kelelahan saat hamil muda.

3. Sensitif pada bau

Rasa penciuman yang meningkat adalah gejala awal kehamilan yang membuat bau yang sebelumnya ringan menjadi kuat dan tidak menarik. Karena ini adalah salah satu tanda pertama kehamilan yang dilaporkan banyak wanita, tandanya mungkin Bunda sedang hamil muda jika tiba-tiba lebih sensitif dan mudah tersinggung.

4. Mual pagi hari

Morning sickness dapat menyerang kapan saja dan ini biasanya dimulai ketika hamil sekitar 6 minggu, meskipun itu bisa bervariasi dan bisa terjadi lebih awal. Hormon, terutama peningkatan kadar progesteron dapat menyebabkan perut kosong lebih lambat, mengakibatkan gejala awal kehamilan ini menyerupai mabuk laut.

5. Tidak nafsu makan

Hidung ekstra sensitif mungkin akan berpengaruh pada tanda awal kehamilan lainnya yaitu tidak nafsu makan. Di mana pikiran, pandangan, atau aroma makanan tertentu yang biasanya Bunda sukai dapat mengubah perut (atau lebih buruk, berkontribusi pada morning sickness).

Ilustrasi hamil mudaIlustrasi hamil muda/ Foto: iStock

6. Perubahan suasana hati atau mood

Perubahan hormon yang berhubungan dengan kehamilan bisa menyebabkan perubahan suasana hati. Pada awal kehamilan 4 minggu, Bunda mungkin merasakan suasana hati seperti sedang PMS.

7. Perubahan payudara

Payudara yang lembut, bengkak, dan areola yang gelap mungkin Bunda alami di awal kehamilan. Hormon-hormon estrogen dan progesteron yang memengaruhi hal tersebut. Namun, rasa sakit payudara yang Bunda alami adalah bagian dari persiapan tubuh untuk membuat ASI.

8. Sering buang air kecil

Dua hingga tiga minggu setelah pembuahan, Bunda mungkin memperhatikan peningkatan frekuensi buang air kecil. Perasaan ini biasanya muncul dua hingga tiga minggu setelah pembuahan. Ini disebabkan oleh hormon kehamilan hCG, yang meningkatkan aliran darah ke ginjal, membantu mereka untuk lebih efisien membersihkan tubuh Bunda dari limbah.

9. Kembung

Kehamilan awal kembung sulit dibedakan dari kembung sebelum menstruasi, tetapi ini merupakan gejala awal kehamilan yang dirasakan banyak wanita segera setelah mereka hamil. Di sini, hormon progesteron yang berperan karena memperlambat kerja pencernaan.

10. Meningkatnya suhu tubuh basal

Tanda hamil muda lainnya yaitu meningkatnya suhu tubuh basal. Bunda mungkin memperhatikan bahwa itu naik sekitar 1 derajat ketika hamil dan bisa terjadi di sepanjang kehamilan.

11. Pendarahan implantasi

Hingga 30 persen ibu baru mengalami bercak ringan atau pendarahan implantasi sebelum menstruasi (sekitar enam hingga 12 hari setelah pembuahan). Pendarahan implantasi merupakan gejala awal kehamilan yang menandakan bahwa embrio telah tertanam ke dinding rahim, yang mungkin disertai dengan kram seperti menstruasi.

Dari 11 poin di atas, Bunda sudah mengalami tanda hamil yang mana?

Simak juga ciri hamil berdasarkan perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi