sign up SIGN UP search


kehamilan

Studi Terbaru Menyarankan Ibu Hamil Besar Jaga Jarak Selama Pandemi Corona

Asri Ediyati Jumat, 22 May 2020 19:20 WIB
Pensive pregnant woman using laptop, sitting on sofa at home. Young expectant lady surfing net, remote working, buying goods for newborn. Online shopping, pregnancy concept, copy space Studi Terbaru Menyarankan Ibu Hamil Besar Jaga Jarak Selama Pandemi Corona/ Foto: iStock
Jakarta -

Menurut sebuah studi pendahuluan tentang ibu hamil dan COVID-19 di Inggris menunjukkan ibu hamil tidak terlalu berisiko untuk sakit parah dibandingkan wanita lain. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar ibu hamil yang mengembangkan penyakit serius cenderung berada pada tahap akhir kehamilan.

Studi ini mengamati 427 wanita hamil yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 antara 1 Maret dan 14 April 2020.

Ditemukan kurang dari 0,5 persen dari semua wanita hamil dirawat di rumah sakit dengan penyakit ini, dan hanya sekitar 1 dari 10 yang membutuhkan perawatan intensif.


"Ini menunjukkan bahwa calon ibu tidak berisiko lebih besar mengalami COVID-19 yang parah dibandingkan populasi yang lebih luas," kata tim peneliti yang dipimpin oleh Universitas Oxford dan Royal College of Obstetricians and Gynaecologists di Inggris.

"(Namun) sebagian besar wanita hamil yang dirawat di rumah sakit lebih dari enam bulan hamil, yang menekankan pentingnya langkah-langkah menjaga jarak sosial lanjutan pada tahap akhir kehamilan," kata Marian Knight, seorang profesor maternal and child population health di Oxford yang ikut memimpin penelitian.

Sebuah studi terpisah dari Swedia yang menganalisis 53 ibu hamil. Hasilnya, bahwa dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil dengan COVID-19, wanita hamil yang berusia sama dan terinfeksi Corona berisiko lebih dari lima kali membutuhkan perawatan intensif.

Dalam komentar editorial tentang temuan ini, yang diterbitkan pada hari Minggu (10/5/2020) di jurnal medis Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica, para ahli mengatakan ibu hamil disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari infeksi selama kehamilan.

Simak juga tips agar kulit ibu hamil tidak kering:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi