sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Cara Membuat Anak agar Bunda Cepat Hamil

Annisa Karnesyia Selasa, 16 Jun 2020 11:58 WIB
Gynecological Examination, Pregnancy Test, Adult, Adults Only caption
Jakarta -

Memiliki anak menjadi kebahagiaan yang tidak ternilai ya, Bunda. Itu sebabnya berbagai cara membuat anak terus diupayakan suami istri, demi mendapatkan kehamilan.

Paling penting, Ayah dan Bunda harus mengetahui waktu tepat untuk berhubungan seksual. Penulis The Doula Advantage Rachel Gurevich mengatakan, untuk bisa hamil, sel telur yang telah dibuahi saat berhubungan seksual harus masuk ke dalam endometrium. Ini terjadi 7 hingga 10 hari setelah pembuahan.

"Ketika sel sperma membuahi sel telur, pembuahan terjadi. Tapi secara teknis wanita tidak hamil saat ini. Sel telur harus 'ditanam' agar kehamilan terjadi," ujar Gurevich, dilansir Very Well Family, Senin (15/6/2020).


Lalu apa saja yang harus dilakukan? Nah, mengutip beberapa sumber, berikut 3 cara membuat anak agar Bunda cepat hamil:

1. Metode kalender

Menghitung siklus haid memungkinkan wanita mengetahui masa subur untuk memperkirakan waktu ovulasi. Bunda dapat mengenalinya melalui sistem kalender.

"Kalender kesuburan dapat mengkonfirmasi apakah haid terlambat atau tidak," kata Gurevich.

Jika siklus haid teratur, maka kita bisa melacak kapan periode terakhir untuk membantu perhitungan masa subur. Wanita dengan siklus haid 28 hari cenderung berovulasi pada hari 14. Tetapi banyak juga wanita yang memiliki siklus lebih panjang atau lebih pendek, jadi mengetahui siklus dapat membantu ovulasi.

Shot of a happy young couple looking at their pregnancy test results in the bathroom at home3 Cara Membuat Anak agar Bunda Cepat Hamil/ Foto: iStock

2. Menjalani pola hidup sehat

Untuk merencanakan kehamilan, suami istri harus menjalani pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi dan rutin olahraga. Hindari juga kebiasaan buruk seperti merokok dan stres.

Dikutip dari Live Science, nutrisi yang penting dikonsumsi seperti kalsium, protein dan zat besi. Beberapa makanan lain adalah buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, susu dan sumber lemak sehat.

Wanita juga bisa konsumsi suplemen yang mengandung asam folat. Namun, pastikan mendapatkan asupan vitamin B dari makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, roti, sereal, dan kacang-kacangan.

3. Mendeteksi suhu tubuh

Bunda dapat menggunakan suhu tubuh basal sebagai salah satu cara membuat anak agar cepat hamil. Mendeteksi ovulasi dengan grafik suhu tubuh basal relatif mudah dan murah.

"Ginekolog atau ahli endokrinologi reproduksi dapat merekomendasikan pembuatan grafik untuk membantu mendeteksi kapan ovulasi terjadi atau mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang pola siklus haid," ujar Gurevich.

Perhitungan suhu tubuh ini berfungsi untuk mencari tahu waktu ovulasi setiap bulan, waktu tepat untuk berhubungan seksual, dan mengetahui masalah kesuburan. Cara ini bahkan dapat mendeteksi tanda-tanda awal kehamilan.

Nah, semoga tiga cara membuat anak untuk mendapatkan kehamilan di atas membantu ya, Bunda.

Simak juga cara tepat hitung usia kehamilan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi