sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Faktor Penting Cara Membuat Anak dan Peluang Memiliki Janin Kembar

Tim HaiBunda Senin, 04 Oct 2021 11:07 WIB
Happy pregnant woman with her husband in the room. caption
Jakarta -

Anak adalah salah satu anugerah terbesar pemberian Tuhan. Tidak salah jika kemudian Bunda mendambakan kehadiran anak dalam keluarga kecil di rumah.

UntukĀ cara membuatĀ anak hadir di dunia ternyata tidak semudah itu. Karena nyatanya banyak faktor yang berperan dalam peluang kehamilan seseorang.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan dari cara membuat anak;


Banner Tips Parenting Anak CerdasFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Faktor-faktor penting membuat anak :

1. Waktu pembuahan
Menurut metode Shettles, apabila Bunda berhubungan seks ketika mendekati masa subur, kemungkinan besar akan menghasilkan anak laki-laki. Sedangkan, agar mendapat anak perempuan Bunda bisa berhubungan seks sekitar 2 atau 4 hari sebelum ovulasi.

2. Usia Bunda dan Ayah
Pakar kandungan menyarankan agar kehamilan pertama maksimal di usia 35 tahun. Alasannya demi mencegah risiko kesehatan yang tidak diinginkan.

3. Pola makan menentukan jenis kelamin anak
Menurut penelitian pada tahun 2008 di University of Exeter, Inggris, perempuan yang sedang mempersiapkan kehamilan dan mengonsumsi makanan dengan kandungan energi tinggi, kemungkinan besar akan memiliki anak laki-laki. Makanan dengan energi tinggi misalnya makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi.

4. Frekuensi hubungan seks
Selanjutnya, faktor penting yang dapat mempengaruhi jenis kelamin pada anak adalah intensitas hubungan seksual. Apabila Bunda dan Ayah sering melakukan hubungan seks, maka kemungkinan untuk memiliki anak akan lebih tinggi.

Jika Bunda ingin memiliki anak lebih dari satu dalam sekali kehamilan, ada baiknya mempertimbangkan anak kembar. Tapi, sekali lagi Bun, banyak faktor yang memengaruhi peluang seseorang bisa hamil lebih dari satu janin ya.

Cara Membuat Anak Kembar:

1. Faktor genetik
Genetik atau keturunan akan memberikan peluang lebih besar bagi Bunda untuk memiliki anak kembar, apalagi jika riwayat anak kembar berasal dari keluarga istri. Karena genotipe dari ibu berperan lebih banyak sebab adanya ovulasi ganda yang diturunkan.

2. Mengonsumsi susu/olahan susu
Studi yang dihasilkan Gary Steinman, MD, PhD, dan diterbitkan dalam Journal of Reproductive Medicine diketahui bahwa perempuan yang sering mengonsumsi susu maupun olahan susu, berpeluang lima kali lebih besar untuk mengandung anak kembar.

3. Mengonsumsi asam folat
Asam folat diketahui akan membantu proses ovulasi. Jika proses ovulasi meningkat, peluang Bunda memiliki anak kembar lebih besar. Makanan yang mengandung asam folat, di antaranya ada sayuran hijau, brokoli, kecambah, dan ikan laut,

4. Hamil di usia >35 tahun
Penelitian menunjukkan, jika perempuan hamil di usia 35 tahun, peluang untuk memiliki anak kembar lebih banyak besar. Sebuah teori menyebut ini karena di usia lebih dari 35 tahun, seorang perempuan akan memproduksi lebih banyak hormon perangsang folikel (FSH) sehingga membuka peluang lebih dari satu janin dalam satu kehamilan.

Itulah cara membuat anak yang bisa membantu Bunda yang sedang mempersiapkan diri sebagai orang tua. Jaga kesehatan dan berolahraga juga jangan dilupakan ya, Bun. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tujuh cara mengatasi stres saat hamil.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!