sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Penting Nutritional Yeast atau Kaldu Jamur, Baik untuk Ibu Hamil

Annisa Afani Senin, 22 Jun 2020 13:42 WIB
Nutritional yeast on green wooden background caption
Jakarta -

Nutritional yeast merupakan ragi dari jamur saccharomyces cerevisiae. Ragi ini mirip dengan ragi yang biasa digunakan untuk memanggang, tetapi telah mengalami proses pemanasan dan pengeringan yang membuatnya menjadi tidak aktif.

Nutritional yeast bebas susu dan gluten, sehingga bisa menjadi suplemen yang bermanfaat bagi orang dengan alergi, sensitif terhadap makanan tertentu atau yang melakukan diet terbatas. Nutritional yeast yang juga dikenal sebagai penyedap jamur atau kaldu jamur juga rendah lemak dan tidak mengandung gula atau kedelai, lho Bunda.

Nutritional yeast merupakan sumber vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi. Dalam seperempat cangkir nutrional yeast mengandung 60 kalori; 8 gram (gr) protein; 3 gr serat; 11,85 miligram (mg) vitamin B1; 9,7 mg vitamin B2; 5,9 mg vitamin B6; 17,6 mcg vitamin B12. Selain itu, mengandung vitamin B3, kalium, kalsium, dan zat besi.


Adapun manfaat dari nutritional yeast, dikutip dari Medical News Today, yakni:

1. Meningkatkan energi

Vitamin B12 yang dikandungnya bisa membantu meningkatkan energi. Karena itu, kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan tubuh mudah lelah dan lemah. Nutritional yeast merupakan asupan yang baik untuk para vegan dan vegetarian lantaran vitamin B12 biasanya banyak dikandung oleh produk hewani. Orang dewasa membutuhkan sekitar 2,4 mcg vitamin B12 per hari.

2. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa jamur dalam ragi ini bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan akibat infeksi bakteri. Mungkin juga bermanfaat untuk mengobati diare.

3. Membantu menyehatkan kulit, rambut, dan kuku

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa nutritional yeast bisa mencegah kuku rapuh dan kerontokan rambut. Selain itu, juga mengurangi jerawat dan memperbaiki masalah kulit, terutama pada masa remaja.

rambut sehatilustrasi rambut sehat/ Foto: iStock

4. Menurunkan kadar glukosa

Meski beberapa orang meyakini bahwa nutrional yeast bisa meningkatkan sensitivitas glukosa pada penderita diabetes tipe 2, namun penelitian belum bisa membuktikannya. Kendati demikian, beberapa penelitian tentang ragi yang diperkaya kromium, yang biasanya merupakan ragi bir bisa menurunkan kadar glukosa darah puasa dan kolesterol pada hewan.

5. Mendukung kehamilan yang sehat

The Preventive Services Task Force, AS merekomendasikan bagi wanita yang merencanakan kehamilan untuk mengonsumsi 400-800 mcg asam folat dalam sehari. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah kelainan bawaan, serta mendukung pertumbuhan janin selama kehamilan.

Dikutip dari Live Strong, nutritional yeast kaya akan kandungan yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, yakni folat, vitamin B12, dan zat besi.

Manfaat dari terpenuhinya asupan folat yang cukup selama kehamilan dapat membantu mencegah terjadinya cacat lahir seperti spina bifida. Meskipun begitu, mengonsumsi makanan dengan kandungan folat harus dengan persetujuan dokter, ya Bunda.

Sementara untuk vitamin B12, Bunda memerlukan 2,6 mg vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan harian. Vitamin ini berfungsi untuk mendukung perkembangan bayi sehat yang sedang tumbuh. Sedangkan zat besi sangat dibutuhkan ibu hamil karena kebutuhannya akan meningkat dari 18 mg, bisa menjadi 30 miligram dalam sehari selama kehamilan.

Ibu hamil sangat rentan mengalami kekurangan zat besi, sehingga akan sering mengalami anemia. Oleh sebab itu, memenuhi kebutuhan yang satu ini wajib bagi ibu hamil demi menjaga kesehatan dirinya dan janin dalam kandungan.

Bunda, simak juga nutrisi bagi anak susah makan dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi