sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Dampak Buruk Ibu Hamil Berdiri Terlalu Lama, Kaki Bengkak & Miss V Sakit

Siti Hafadzoh Sabtu, 16 May 2020 14:48 WIB
Asian pregnant Woman She is in the middle of the road Wear a PM2.5 dust mask. 5 Dampak Buruk Ibu Hamil Berdiri Terlalu Lama, Kaki Bengkak & Miss V Sakit/ Foto: iStock
Jakarta -

Ibu hamil sebaiknya banyak istirahat dan tidak boleh berdiri terlalu lama. Berdiri terlalu lama dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kehamilan, Bun.

Dilansir Mom Junction, penelitian menunjukkan bahwa berdiri terlalu lama berdampak pada perkembangan bayi. Sebuah studi menemukan, wanita yang berdiri lebih dari 25 jam per minggu dapat melahirkan bayi yang beratnya lebih rendah 148-198 gram.

Jika Bunda diharuskan untuk berdiri dalam waktu lama, pastikan gerakkan kaki dan berjalan-jalan sebentar. Ibu hamil boleh berdiri selama merasa nyaman dan tidak mengalami sakit punggung dan kaki.


Berikut ini 5 dampak buruk ibu hamil berdiri terlalu lama.

1. Edema

Edema atau pembengkakan di kaki umum terjadi selama kehamilan. Air berlebih dalam tubuh juga cenderung menumpuk ke bawah dalam waktu yang lama. Ini akan memperburuk kondisi pembengkakan kaki ketika hamil.

"Untuk mengatasi pembengkakan kaki ibu hamil yang normal atau bukan karena suatu penyakit, jangan sering berdiri, banyak bergerak, meninggikan posisi kaki, konsumsi makanan yang sehat, pakai alas kaki yang nyaman, tidur dengan posisi miring, minum air yang cukup, hindari konsumsi garam berlebih, hindari kafein, lakukan pemijatan halus dan lembut pada kaki," kata dr Jolinda Johary M.Med.

Asian pregnant Woman She is in the middle of the road Wear a PM2.5 dust mask.Ilustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

2. Nyeri di area vagina

Beberapa wanita mungkin mengalami symphysis pubis dysfunction (SPD) yang dapat menyebabkan nyeri panggul parah. Berdiri berjam-jam dalam waktu lama dapat memperburuk kondisinya.

3. Perubahan tekanan darah

Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan penurunan atau kenaikan tekanan darah. Jika tekanan darah rendah, Bunda mungkin akan mengalami pusing.

4. Nyeri punggung

Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan nyeri punggung bawah selama hamil. Rasa sakit ini juga bisa menjalar ke kaki, Bun.

5. Risiko kelahiran prematur

Menghabiskan sebagian besar waktu untuk berdiri dapat meningkatkan risiko keguguran. Ini juga dapat berisiko terjadinya kelahiran prematur.

Hati-hati ya, agar si kecil dan Bunda sehat selalu.

Lihat juga penjelasan kenapa kaki bengkak ketika hamil di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]



(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi