sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil Pakai Minyak Esensial, Aman atau Tidak Ya Bunda?

Kinan Senin, 18 May 2020 09:14 WIB
Ibu Hamil Pakai Minyak Esensial, Aman atau Tidak Ya Bunda? Ibu Hamil Pakai Minyak Esensial, Aman atau Tidak Ya Bunda?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz
Jakarta -

Saat ini penggunaan minyak esensial atau essential oils semakin populer. Termasuk di kalangan ibu hamil. Wangi relaksnya dianggap mampu mengurangi stres pada ibu hamil.

Namun demikian, tak sedikit pula yang masih meragukan keamanan dari minyak esensial pada ibu hamil.

Menurut bidan sekaligus ahli terapi komplementer, Denise Tiran, penggunaan minyak esensial pada ibu hamil termasuk aman. Tetapi Bunda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya.


"Minyak esensial umumnya dibuat menggunakan ekstrak tumbuhan alami dengan konsentrasi tinggi. Selain itu, pastikan juga keaslian dan kualitas minyak esensial yang digunakan," ujar Tiran, seperti dilansir Baby Center.

Penggunaan minyak esensial ada yang harus diencerkan terlebih dahulu, diusap ke kulit secara langsung, maupun dimasukkan ke dalam diffuser untuk dihirup.

Begitu komponen minyak berada di dalam tubuh, ia akan bekerja mirip seperti obat-obatan. Namun karena molekulnya sangat kecil, ada kemungkinan mereka dapat melewati plasenta dan mencapai sirkulasi bayi yang sedang tumbuh.

Ilustrasi minyak esensialIlustrasi minyak esensial. (Foto: iStock)

"Belum diketahui secara pasti apa efek minyak esensial pada bayi dalam kandungan, tetapi banyak ibu hamil yang menganggap minyak esensial membantu meringankan keluhan kehamilan. Termasuk sakit punggung atau mual," imbuh Tiran.

Dikutip dari Parents, usia kehamilan yang aman untuk menggunakan minyak esensial yakni trimester kedua dan ketiga. Nah, pada trimester pertama sebaiknya tunda dulu penggunaan minyak esensial ya, Bun.

"Hindari penggunaan minyak esensial pada awal kehamilan karena berpotensi menyebabkan kontraksi rahim atau memengaruhi tahap awal perkembangan bayi," ujar pakar naturopati, Jill Edwards, ND.

Selama penggunaan masih wajar, tidak berlebihan dan dalam periode waktu yang tepat, minyak esensial aman digunakan ya, Bun. Pilihan minyak esensial yang aman untuk ibu hamil di antaranya aroma sitrus, chamomile, lavender, peppermint, dan ylang ylang.

Sebaliknya, ibu hamil sebaiknya menghindari minyak esensial dengan aroma cedarwood, cinnamon, dan rosemary karena beberapa ahli menganggap aroma-aroma ini berisiko memicu kontraksi jika dihirup berlebihan.

Simak juga obat alami yang bisa Bunda gunakan saat terbakar matahari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi