sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Keluarnya Lendir Miss V Tanda Segera Melahirkan?

Yuni Ayu Amida Jumat, 26 Jun 2020 06:01 WIB
Pregnant woman caption
Jakarta -

Pernahkah saat hamil Bunda merasakan ada lendir yang keluar dari vagina menjelang hari persalinan? Nah, apakah hal tersebut merupakan tanda akan melahirkan?

Dijelaskan perawat bersertifikat, Rachel Nall, RN, MSN, CRNA, lendir yang keluar dari vagina menjelang persalinan tersebut merupakan sumbat lendir. Itu adalah kumpulan lendir pelindung di saluran serviks.

Selama kehamilan, serviks mengeluarkan cairan tebal seperti gel yang bertujuan supaya area tersebut tetap lembap dan terlindungi. Cairan ini akhirnya menumpuk dan menyumbat saluran serviks, menciptakan sumbatan lendir yang tebal.


"Sumbat lendir bertindak sebagai penghalang dan dapat menjaga agar bakteri yang tidak diinginkan dan sumber infeksi lainnya tidak masuk ke dalam rahim Anda," jelas Nall, dilansir Healthline.

Nall menambahkan, kehilangan sumbat lendir selama kehamilan bisa jadi awal dari proses persalinan. Ketika serviks mulai terbuka lebih luas dalam persiapan untuk melahirkan, sumbat lendir dibuang ke vagina.

Sementara itu, waktu antara keluarnya sumbat lendir dan persalinan bervariasi. Beberapa wanita yang mengeluarkan sumbat lendir akan melahirkan dalam beberapa jam atau hari, sementara yang lain mungkin tidak akan melahirkan selama beberapa minggu.

Pregnant womanPregnant woman/ Foto: iStock

Nall melanjutkan, kehilangan sumbat lendir memang salah satu tanda bahwa persalinan semakin dekat. Namun, bukan satu-satunya tanda, Bunda. Karena meskipun sumbat lendir keluar, beberapa wanita masih mengandung bayinya bahkan selama beberapa minggu ke depan.

"Meskipun keluarnya sumbat lendir bisa jadi tanda persalinan akan tiba, itu bukan satu-satunya. Itu juga bukan gejala yang paling signifikan, seperti kontraksi atau pecah ketuban," jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, tanda-tanda akan melahirkan selain keluarnya sumbat lendir antara lain, posisi janin terasa semakin ke bawah atau ke panggul, kram perut dan sakit punggung, kontraksi yang semakin kuat, pelebaran serviks, hingga pecahnya air ketuban, demikian dilansir Parents.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi