sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Meredakan Pembengkakan Miss V Selama Kehamilan, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 31 Jul 2020 17:09 WIB
Portrait of beautiful pregnant woman relaxing on the sofa at home caption
Jakarta -

Tangan dan kaki bengkak selama kehamilan? Itu sih, hal wajar dialami para ibu hamil ya, Bunda. Tetapi, kalau vagina yang bengkak selama kehamilan, bagaimana ya, cara meredakannya?

Pembengkakan adalah efek samping umum dari kehamilan terutama ketika mengenai kaki dan tangan. Tetapi, ada satu area yang juga bisa membesar selama kehamilan dan tidak mendapatkan banyak perhatian, yakni vagina.

Jika Bunda melihat vagina membengkak selama kehamilan, ketahuilah bahwa Bunda bukan satu-satunya wanita yang mengalami hal ini. Ada banyak ibu hamil yang juga mengalami hal tersebut, Bunda.


"Bunda mungkin akrab setidaknya pada tingkat tertentu dengan apa yang biasanya terasa di daerah vulva dan vagina. Jika bengkak, rasanya bisa terasa lebih besar," ujar Frederick Friedman, Jr, MD, associate professor of obstetrics, gynecology and reproductive science di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City, dikutip dari The Bump.

Selain itu, Bunda juga mungkin akan merasakan pembengkakan atau rasa penuh di area vagina sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan secara keseluruhan.

Melansir dari Parenting First Cry, ketika pembengkakan vagina saat hamil dialami, ada baiknya Bunda melakukan beberapa alternatif berikut:

Ibu Hamil MualVagina Ibu Hamil bengkak/ Foto: iStock

1. Jangan menggaruk

Bunda mungkin merasa gatal dan tidak nyaman. Tetapi, jangan sampai menggaruk hingga lecet dan muncul lesi di daerah vagina. Apalagi, menggaruk dapat menyebabkan infeksi dan menyebabkan lebih banyak komplikasi.

2. Menjaga kebersihan

Penting untuk menjaga kebersihan agar infeksi vagina tidak memburuk. Namun, jangan menggosok vagina karena area tersebut memiliki mekanisme pembersihan tersendiri.

3. Jangan mengobati sendiri

Jangan mengobati sendiri permasalahan di vagina karena dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Segera konsultasikan pada dokter yang nantinya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh di area intim tersebut.

4. Minumlah air

Air minum dapat membantu mengurangi sensasi terbakar. Dengan begitu, Bunda akan semakin banyak buang air kecil dan semakin banyak bakteri dikeluarkan dari tubuh.

5. Kompres dingin

Gunakan kompres dingin untuk meredakan pembengkakan dan peradangan di vagina. Atau, Bunda juga bisa mandi dengan air dingin untuk meredakan rasa bengkak yang membuat tidak nyaman.

Jika gejala bengkak masih tidak kunjung sembuh, ada baiknya segera konsultasi ke dokter ya, Bunda. Semoga membantu ya.

Bunda, simak yuk alasan tangan dan kaki bengkak saat hamil, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi