sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Makanan Terbaik Ibu Hamil 2 Bulan & 9 Hal yang Sebaiknya Dilakukan

Jujuk Ernawati Senin, 29 Jun 2020 18:16 WIB
Young pregnant woman at home, closeup caption
Jakarta -

Pada bulan kedua kehamilan, Bunda masih akan mengalami hampir semua gejala pada bulan pertama. Namun ditambah dengan beberapa gejala lain yang membuat kehamilan lebih jelas.

Dikutip dari Mom Junction, beberapa gejala kehamilan umum yang dirasakan saat hamil dua bulan, di antaranya morning sickness, meningkatnya asupan cairan dan keinginan buang air kecil, perubahan suasana hati, mengidam, sembelit, mulas, sakit kepala dan pusing.

Sementara yang terjadi pada janin, yakni semua organ utamanya mulai terbentuk. Mata, telinga luar, kelopak mata dan bibir atas mulai terbentuk, jantung dan hati berkembang, jari tangan dan kaki berkembang, begitu juga alat kelaminnya.


Sistem saraf, paru-paru, lambung dan pankreas berkembang pesat. Tulang belakang dan ginjal, otot pertama yang memungkinkan gerakan janin mulai terbentuk. Organ sensorik, termasuk telinga, saraf optik, lidah dan ujung hidung berkembang.

Nah untuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan bayi, Bunda harus mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Dikutip dari Parenting Firstcry, makanan dengan kandungan berikut ini sebaiknya dikonsumsi saat hamil dua bulan:

1. Makanan kaya asam folat

Asam folat membantu melindungi bayi dari cacat tabung saraf. Sayuran berdaun hijau, telur, buah-buahan, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan adalah nutrisi kaya asam folat. Konsumsi folat harian yang disarankan untuk ibu hamil adalah 5 miligram (mg).

2. Makanan mengandung zat besi

Zat besi penting untuk mendukung suplai darah yang sehat. Pada tahap ini, ibu hamil membutuhkan aliran darah yang kuat untuk mengatasi mual dan kelelahan sepanjang hari. Makanan yang kaya zat besi, yakni buah-buahan, buah kering, bit, ayam, ikan, dan sayuran seperti bayam.

sayur bening bayamsayur bening bayam/ Foto: Istimewa

3. Makanan kaya kalsium

Kalsium adalah mineral penting bagi ibu hamil, terutama di bulan kedua kehamilan untuk mencegah osteoporosis. Sekitar 1.000 mg asupan kalsium sangat penting selama kehamilan. Makanan sumber kalsium, yakni lobak dan kol serta sayuran berdaun.

4. Makanan mengandung protein

protein penting sejak awal kehamilan. Ibu hamil membutuhkan minimal 75 mg protein. Makanan kaya protein, seperti ayam, telur, susu, dan ikan. Namun Bunda harus berhati-hati dengan jenis ikan tertentu karena kandungan merkuri yang tinggi tidak baik untuk ibu hamil.

5. Makanan sumber zinc

Zinc dibutuhkan untuk metabolisme asam dan fungsi biologis. Makanan kaya zinc, yaitu ikan, ayam, sayuran, dan kacang-kacangan.

6. Makanan mengandung lemak

Pilih lemak sehat untuk membantu pertumbuhan kesehatan tidak hanya untuk ibu tetapi juga bayi, seperti perkembangan mata, otak, plasenta, dan jaringan. Pilih asupan lemak baik dan sehat, seperti ghee untuk membantu pertumbuhan bayi secara keseluruhan.

7. Makanan kaya serat

Serat merupakan nutrisi penting untuk membantu pencernaan ibu hamil. Makanan yang mengandung serat: sayuran seperti wortel dan kol, sereal, dan buah-buahan seperti jeruk dan pisang untuk menjaga tekanan darah dan sembelit selama kehamilan. Asupan serat minimal selama kehamilan sekitar 28 gram setiap hari.

Selain makanan bernutrisi, ada beberapa hal yang sebaiknya Bunda lakukan demi menjaga kesehatan diri dan bayi dalam kandungan. Dikutip dari Mom Junction, beberapa hal tersebut, yakni:

1. Buat daftar tugas yang mudah dilakukan, seperti tindakan yang perlu dan tidak dilakukan selama kehamilan.

2. Santai dan beristirahatlah yang cukup karena penting bagi Bunda dan bayi dalam kandungan.

3. Minum banyak air supaya tetap terhidrasi.

4. Mulai mengonsumsi asam folat dan vitamin sesuai dengan resep dokter kandungan karena sangat penting untuk pertumbuhan bayi.

5. Pertahankan pola makan sehat, seperti yang disarankan dokter atau ahli gizi karena akan membantu selama dan setelah melahirkan untuk mengurangi berat badan berlebih.

6. Cuci buah dan sayuran dengan bersih dan kupas kulitnya jika perlu untuk menghindari konsumsi pestisida yang tidak disengaja.

7. Makan dalam porsi kecil sepanjang hari untuk membantu Bunda mencerna makanan dengan cepat dan membantu memberi makan bayi supaya tumbuh baik.

8. Saat payudara mulai berat atau membesar, gunakan bra yang tepat untuk mencegah payudara menjadi kendur di kemudian hari.

9. Berjalan setidaknya 20 menit setiap hari supaya Bunda tetap aktif.

Bunda bisa simak cerita dr.Reisa Broto Asmoro tentang kehamilannya di video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi