sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Ciri Hamil yang Terlihat dari Perubahan Raut Wajah

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 07 Jul 2020 05:40 WIB
Young pregnant woman with cosmetic cream  in a bathroom. Concept body care. caption
Jakarta -

Perubahan fisik umumnya dialami ibu saat sedang hamil. Salah satunya adalah perubahan raut wajah, Bunda.

Seiring dengan perkembangan janin, Bunda mungkin mulai memperhatikan perubahan kulit tersebut. Dikutip dari Parents, peningkatan aliran darah dan hormon adalah penyebab perubahan raut wajah ini.

"Kebanyakan ibu siap untuk menghadapi kenaikan berat badan, tetapi cukup terkejut saat menemukan banyak perubahan lain yang terjadi pada tubuh mereka," kata Allison Hil, MD, dokter obgyn dari Good Samaritan Hospital di Los Angeles.


Para bidan mengatakan bahwa perubahan ini disebabkan oleh retensi cairan. Ini berperan besar dalam perubahan penampilan wanita selama hamil. Penyebabnya ada pelepasan hormon, terutama estrogen yang menghasilkan air dan disimpan di seluruh tubuh, dari tangan dan kaki hingga ke pipi di wajah.

"Ada juga peningkatan aliran darah di kapiler, yang berarti wajah ibu hamil bisa terlihat memerah dan lebih cerah dengan pipi yang tampak penuh," ujar bidan Dede Efueye, dilansir Daily Mail.

Young pregnant woman with cosmetic cream  in a bathroom. Concept body care.Ilustrasi Ibu Hamil/ Foto: iStock

Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan leher terlihat lebar selama tahap akhir kehamilan. Dampaknya membuat wanita terlihat lebih muda pada awalnya, namun memberikan efek sebaliknya usai melahirkan. Pipi bisa kembali cekung dan wajah terlihat kurus ketika cairan sudah menghilang, Bunda.

Lalu apa saja perubahan raut wajah yang terjadi pada ibu selama hamil? Berikut 9 ciri perubahan, seperti mengutip berbagai sumber:

1. Hidung bengkak

Peningkatan sirkulasi darah di membran mukus bisa menyebabkan hidung bengkak selama hamil. Hal ini disebabkan karena meningkatnya produksi hormon estrogen.

Hidung ibu hamil mungkin terlihat besar dan lebar. Inilah yang bikin raut wajah ibu hamil berubah.

2. Melasma

Melasma adalah bercak-bercak wajah berwarna cokelat yang biasanya muncul di dahi, pipi, atau dagu karena perubahan hormon. Paparan sinar matahari bisa memperparah kondisi ini, Bunda.

Agar tidak semakin parah, gunakanlah tabir surya dengan SPF minimal 15 saat berada di luar ruangan. Untuk menyamarkannya, coba pakai bronzer yang lebih terang untuk meratakan warna kulit wajah.

Melasma biasanya akan hilang usai melahirkan. Jika tak kunjung hilang, maka Bunda bisa konsultasikan ke dokter kulit ya.

3. Mata sembab

Mata sembab bisa disebabkan ibu hamil kurang tidur atau istirahat. Kondisi ini bahkan bisa terjadi pada ibu yang cukup tidur. Mata sembab umumnya dialami di trimester akhir kehamilan.

4. Bulu mata dan alis rontok

Kondisi ini memang jarang dialami ibu hamil. Biasanya disebabkan karena ibu kekurangan protein dan vitamin atau terjadi gangguan tiroid.

Closeup portrait of young lady holding a mirrorWanita bercermin/ Foto: Thinkstock

5. Kulit wajah memerah

Kenaikan berat badan selama hamil juga bisa mengubah raut wajah. Umumnya menyebabkan kulit memerah karena peningkatan tekanan darah. Kondisi ini terjadi sepanjang kehamilan.

6. Jerawat

Beberapa wanita mungkin harus berurusan dengan jerawat selama hamil. Jerawat disebabkan hormon yang memproduksi minyak di wajah meningkat, begitupun sebum yang membuat pori-pori tersumbat.

Banyak produk kecantikan yang bisa digunakan untuk mengatasi ini, Bunda. Namun, sebaiknya konsultasikan ke dokter, terutama sebelum menggunakan obat jerawat topikal dan oral.

Jangan pernah menggunakan obat jerawat oral seperti tetrasiklin dan accutane karena bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi. Untuk jerawat parah, gunakan pencuci wajah yang mengandung asam hidroksi alfa yang disetujui untuk ibu hamil.

7. Freckles dan tahi lalat

Freckles atau bintik-bintik serta tahi lalat hampir sama seperti melasma. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron dan estrogen menyebabkan sel melamin memproduksi pigmen di kulit wajah.

8. Warna mata berubah

Kehamilan juga bisa menyebabkan perubahan pada mata. Beberapa wanita melaporkan, warna mata berubah.

Perubahan ini terjadi karena hormon yang memengaruhi ketebalan dan kelengkungan kornea. Hal tersebut menyebabkan iris mata terlihat lebih pucat atau gelap.

9. Bibir bengkak

Tak sedikit ibu hamil mengalami perubahan bentuk mulut, seperti bibir yang terlihat bengkak. Hal ini wajar kok, Bunda.

"Paling umum kita menahan cairan di kaki, tetapi kita bisa menyimpannya di tangan dan wajah. Sebagai dokter, saya melihat wanita hamil dengan bibir bengkak," kata Dr. Jodie Silleri, seorang dokter umum dan kosmetik.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/jue)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!