sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Perubahan Tubuh Tanda Hamil, Mulai dari Rambut hingga Kuku Kaki

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 03 May 2022 20:17 WIB
ilustrasi test pack caption

Jakarta - Saat menyadari bahwa telah hamil, siap-siap ya Bunda untuk menjalani berbagai perubahan dan tantangan ke depannya yang pastinya akan terasa nikmat bila dijalankan dengan bahagia. Terutama bila Bunda selalu menantikan hadirnya Si Kecil yang menggemaskan.

Ketika menjadi seorang ibu, Bunda tak hanya dihadapkan pada beragam perubahan dalam rutinitas sehari-hari, melainkan tubuh Bunda juga akan mengalami perubahan karena mengandung Si Kecil. Perubahan pada tubuh yang mana saja yang akan Bunda alami saat menjalani kehamilan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

Tahukah Bunda? Mulai dari kepala hingga kaki, semuanya akan berubah ketika Bunda mulai mengandung Si Kecil, lho. Tubuh ibu hamil akan mengalami perubahan yang luar biasa selama kehamilan. Beberapa perubahan fisik ini terlihat seperti perut yang membesar dan penambahan berat badan, rahim yang membesar, mual di pagi hari, dan sakit punggung.


Ini adalah hal yang wajar dialami setiap ibu hamil, kecuali jika Bunda sebelumnya belum pernah hamil, mungkin Bunda merasa ada hal aneh yang terjadi pada diri Bunda. Bunda mungkin tidak menyadari bahwa ada lebih dari sekadar penambahan berat badan dan mual di pagi hari saja. Faktanya, tubuh Bunda akan mengalami perubahan fisik mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Tubuh ibu hamil mengalami banyak transformasi selama sembilan bulan kehamilan. “Sungguh luar biasa bagaimana tubuh wanita beradaptasi untuk mengakomodasi kehamilan,” kata Kim Trout, bidan perawat bersertifikat dan asisten profesor kesehatan wanita di University of Pennsylvania School of Nursing di Philadelphia, dikutip dari laman Live Science.

Lalu, apa saja perubahan fisik yang akan dialami oleh ibu hamil mulai dari ujung kepala hingga kaki? Yuk, simak berikut ini, ya Bunda.

1. Rambut

Melansir dari laman E TIMES, seorang ibu hamil mungkin mengalami hari-hari rambut yang baik selama kehamilan karena estrogen meningkatkan panjang fase pertumbuhan folikel rambut yang menyebabkan rambut lebih tebal dan lebih sehat.

Seorang ibu hamil mungkin tidak hanya mendapatkan lebih banyak rambut di kepalanya, tetapi juga di daerah yang lainnya seperti bibir atas, perut, punggung, dan puting susu. Saat kadar estrogen turun setelah melahirkan, Bunda mungkin kehilangan lebih banyak rambut.

Rambut akan rontok mungkin setelah disisir atau mandi. Pertumbuhan rambut kembali ke pertumbuhan dan tekstur normal dalam waktu empat sampai enam bulan setelah melahirkan bayi.

Hair fall problem, closeup hand holding comb and problem hair. Healthcare medical or daily life concept.8 Perubahan pada Tubuh saat Hamil, Mulai dari Rambut hingga Kuku Kaki./ Foto: Getty Images/iStockphoto/MikeSaran

2. Kesehatan gusi dan mulut

Gusi berdarah biasanya terlihat pada kehamilan karena banyak ibu hamil yang mengeluhkannya. Ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi selama kehamilan karena kekebalan tubuh mereka rendah. Sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut untuk mencegah radang gusi.

Namun, beberapa Bunda takut untuk pergi ke dokter gigi saat hamil. Trout mengatakan bahwa tidak masalah untuk mendapatkan rontgen gigi selama kehamilan selama perut terlindungi dengan baik dari radiasi.

3. Payudara

Salah satu perubahan yang sering terlihat adalah peningkatan ukuran payudara. Ukuran payudara Bunda dan ukuran bra dapat berubah seiring waktu selama kehamilan. Payudara Bunda mungkin terasa lebih penuh dan lembut saat hamil, putingnya mungkin juga lebih sensitif saat disentuh.

Areola, kulit di sekitar puting susu, juga akan menjadi gelap dan bisa membesar selama masa awal kehamilan. Payudara Bunda mungkin mulai mengeluarkan kolostrum, yang merupakan cairan seperti susu. Ini mungkin terlihat selama trimester ketiga, tetapi bisa terjadi lebih awal juga.

Simak perubahan tubuh lainnya di halaman selanjutnya ya Bunda.

Tengok juga yuk video tentang ciri hamil dilihat dari perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PUSAR YANG MENONJOL HINGGA KUKU YANG RAPUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!