sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Hal yang Terjadi pada Tubuh di Usia Kehamilan Trimester Kedua

Kinan Kamis, 16 Jul 2020 11:57 WIB
ilustrasi hamil 4 Hal yang Terjadi pada Tubuh di Usia Kehamilan Trimester Kedua/ Foto: iStock
Jakarta -

Saat usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua, berbagai perubahan akan dialami oleh tubuh Bunda. Selain perut yang tampak semakin besar, organ-organ tubuh juga akan melakukan penyesuaian lebih banyak.

Perubahan ini mencakup pembesaran ukuran, hingga perubahan fungsi yang menjadi lebih besar guna menunjang kehidupan janin.

Nah, apa saja ya perubahan normal yang dialami tubuh Bunda di usia kehamilan trimester kedua?


1. Payudara mulai memproduksi ASI

Air susu ibu (ASI) mungkin baru benar-benar terlihat bekerja setelah Bunda melahirkan, nyatanya tidak demikian. Hormon dalam payudara sebenarnya sudah mulai aktif bekerja pada usia kehamilan trimester kedua.

Ya, tepatnya mulai pada usia 20 minggu, ASI sudah mulai diproduksi. Termasuk kolostrum, yang merupakan susu pertama bayi. Jadi, jangan kaget jika tiba-tiba sudah mulai ada ASI merembes keluar di tahapan ini ya, Bunda.

2. Fungsi plasenta semakin beragam

Plasenta memiliki fungsi yang sangat penting selama masa kehamilan, terutama untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam perut Bunda. Di usia kehamilan trimester kedua, plasenta tak cuma menyalurkan nutrisi dan oksigen, lho.

Pada waktu ini, organ tersebut juga membantu menyaring zat-zat asing masuk ke dalam lingkungan janin. Dengan kata lain, plasenta memastikan janin tetap dalam kondisi aman selama di dalam kandungan.

3. Rahim tumbuh semakin besar

Memasuki trimester kedua, ukuran rahim akan tumbuh terus membesar dibandingkan periode sebelumnya. Dikutip dari The Bump, ahli kandungan dan kebidanan Sheryl Ross, MD, menjelaskan rahim bahkan bisa membesar hingga 14 kali ukuran aslinya.

Dengan ukuran yang semakin besar ini, rahim mampu menampung beban tubuh janin, plasenta dan cairan ketuban.

Doctor inserting an intrauterine device as an example for contraceptive method.Ilustrasi rahim. (Foto: iStock)

4. Kerja jantung menjadi lebih ekstra

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen janin melalui tubuh Bunda, jantung akan bekerja lebih banyak mengalirkan darah. Bisa dikatakan bahwa pada trimester kedua, organ ini akan meningkatkan dibandingkan sebelumnya.

Oleh sebab itu, perhatikan aktivitas Bunda sehari-hari, ya. Terlalu banyak beraktivitas akan membuat Bunda mudah lelah dan sesak napas.

Di antara perubahan-perubahan tersebut, mana yang sudah pernah Bunda alami?

Simak juga manfaat bercinta diĀ usia kehamilan trimester akhir dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi