sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tanda Kehamilan dengan Preeklampsia yang Perlu Bunda Waspadai

Kinan Senin, 20 Jul 2020 10:06 WIB
Worried pregnant woman complaining at home caption
Jakarta -

Tahukah Bunda, preeklampsia merupakan salah satu masalah kehamilan yang umum dialami para wanita. Jika diabaikan, preeklampsia bisa memicu komplikasi serius bagi Bunda maupun si Kecil, lho.

Dikutip dari What to Expect, tanda-tanda kehamilan dengan preeklampsia kerap terabaikan karena seringkali sangat umum.

Nah, apa saja gejala preeklampsia yang perlu Bunda waspadai selama kehamilan?


1. Tekanan darah tinggi

Perhatikan jika Bunda sebelumnya memang sudah mengonsumsi obat hipertensi, tekanan darah terus-menerus meningkat, serta mengalami kenaikan tekanan darah kali pertama selama kehamilan. Ini tanda-tanda yang tidak boleh dilewatkan.

Preeklampsia umumnya berkembang setelah usia kehamilan mencapai 20 minggu, yang salah satunya ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kadar protein yang tinggi dalam urine.

"Pada kondisi preeklampsia, banyak pembuluh darah kecil menekan hati, ginjal, otak, dan organ lainnya. Penyempitan pembuluh darah ini akan membuat tekanan darah tinggi," ujar Virginia R. Lupo, MD, dari Hennepin County Medical Center di Minneapolis, dilansir Parents.

2. Sering sakit kepala

Sakit kepala saat hamil juga kerap dianggap sebagai sesuatu yang biasa. Padahal jika kondisinya terus berlanjut dan konsisten, bisa jadi merupakan tanda-tanda kehamilan dengan preeklampsia, lho.

Worried pregnant woman complaining at homeIlustrasi ibu hamil sakit kepala. (Foto: iStock)

3. Bengkak di wajah dan tangan

Bengkak pada bagian kaki biasanya terjadi karena ketidakseimbangan hormon-hormon kehamilan. Tapi jika bengkak terjadi dalam jangka panjang dan spesifik hanya di area tubuh tertentu, termasuk di wajah dan tangan, bisa jadi karena preeklampsia. Segera cek ke dokter ya, Bunda.

4. Penglihatan menjadi buram dan tidak jelas

Kurang tidur saat hamil memang bisa membuat penglihatan Bunda jadi buram karena lelah. Tapi jika gangguan penglihatan yang terjadi muncul seperti ada bintik-bintik, mata jadi sensitif terhadap cahaya atau berbayang, konsultasikan ke dokter karena ini mungkin karena preeklampsia.

5. Nyeri perut di sisi kanan

Sering nyeri perut di sisi kanan, Bunda? Waspadai gejala preeklampsia karena ini merupakan posisi organ hati berada. Keluhannya lebih khas dibandingkan nyeri perut biasa. Untuk memastikan penyebabnya, coba konsultasikan ke dokter.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi