sign up SIGN UP search


kehamilan

Tak Sadar Hamil, Ibu di Tasikmalaya Lahirkan Anak Saat Sedang Menstruasi

Yuni Ayu Amida Senin, 20 Jul 2020 10:08 WIB
Asian Pregnant Woman patient is on drip receiving a saline solution on bed VIP room at hospital, selective focus. caption
Jakarta -

Wanita hamil biasanya merasakan gejala atau tanda-tanda kehamilan selama kurang lebih 9 bulan. Namun tampaknya hal tersebut tidak berlaku untuk wanita asal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini. Ia melahirkan setelah hanya satu jam merasakan kehamilannya. Bagaimana bisa?

Kisah viral ini berawal dari unggahan akun Facebook Taofik Romdoni. Toufik yang merupakan tokoh masyarakat Desa Mandalasari ini mengabarkan langsung terkait kelahiran bayi laki-laki dengan proses kehamilan hanya satu jam. Bahkan saat melahirkan sang ibu sedang dalam keadaan menstruasi.

"Subhanalloh Walhamdulillah Walaailaaha Illlalloh Walloohu Akbar. Inilah tanda-tanda kebesaran Alloh SWT. Dmn Alloh telah menganugrahkan seorang Bayi Laki-laki kepada sepasang suami istri dengan proses kehamilan hanya satu jam tidak dalam waktu sembilan bulan. Bahkan melahirkannya pun dalam keadaan menstruasi. Semoga menjadi anak yang soleh dan beriman. Aamiin Wallohu'alam," tulis Taufik Romdoni.


Berdasarkan informasi yang didapat, rupanya peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (19/7/2020), sekitar pukul 21.30 WIB di Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya. Diketahui, ibu bayi bernama Heni Nuraeni (28) dan ayahnya Heri (35).

Heni pun menceritakan awal dirinya merasa keanehan dalam perutnya adalah pukul delapan malam, Bunda. Saat itu perut bagian kanannya mengeras dan membesar disertai gerakan tidak beraturan. Satu jam kemudian, ia merasakan mulas yang hebat sampai akhirnya orang tuanya memanggil dukun beranak. Lalu, tepat pukul 21.30 WIB, anak laki-laki berbobot lebih dari 3,4 kilogram dengan panjang 48 sentimeter lahir.

"Jadi awalnya di rumah, terus kerasa ada yang aneh. Perut sebelah kanan mengeras, ada yang gerak. Saya dibawa ke rumah Bapak. Tahunya mules sejam kemudian dan panggil indung berang (dukun beranak). Akhirnya melahirkan anak," ucap Heni.

Seorang ibu di Tasikmalaya melahirkan anak setelah hamil satu jamSeorang ibu di Tasikmalaya melahirkan anak setelah hamil satu jam/ Foto: Deden Rahadian

Diakui Heni dirinya tidak pernah merasakan gejala kehamilan selama sembilan bulan ini. Ia tidak merasakan ngidam ataupun hal lainnya seperti wanita hamil pada umumnya. Ia bahkan setiap bulannya selalu menstruasi, dan di saat melahirkan pun ia sedang menstruasi.

"Enggak tahu hamil. Biasa haid teratur tiap bulan juga, malah anak saya yang kedua lahirannya kan caesar, Pak," ujar Heni.

Walaupun kaget, namun keluarganya menyambut dengan antusias kelahiran anak ketiganya tersebut. Bayi itu diberi nama Lingga Cipta Radeva, dengan harapan membawa keberkahan untuk keluarga.

Kasus yang dialami Hani ini disebut cryptic pregnancy, Bunda. Kasus melahirkan anak tanpa merasakan kehamilan ini juga sebelumnya pernah terjadi di dunia medis. Hanya saja ini merupakan kasus langka, persentasinya satu dari ratusan kasus kehamilan.

"Ya, ini dalam kehamilan ada yang namanya cryptic pregnancy. Ada juga kasus mola atau kehamilan anggur," ucap dr.Reti Zia D, Kasi Promosi dan Pemberdayaan kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, demikian dilansir detikcom.

Simak juga intimate interview dengan dr.Reisa dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi