sign up SIGN UP search


kehamilan

Minyak Esensial Terbaik untuk Redakan 4 Masalah Umum pada Ibu Hamil

Asri Ediyati Kamis, 23 Jul 2020 17:34 WIB
Lavender flowers, apothecary bottle, bowl of bath salt and towels caption
Jakarta -

Istilah minyak esensial sebenarnya berasal dari kata minyak quitensial. Berasal dari gagasan Aristoteles bahwa api, udara, tanah dan air membentuk bahan alami dan itu adalah elemen kelima, alias saripati, yang memberikan material 'kekuatan hidup'.

Wah, filosofis banget ya, Bunda? Minyak esensial untuk kehamilan biasanya dihirup atau diencerkan ke dalam larutan dan digunakan secara topikal (penggunaan luar). Entah itu untuk pengobatan spot atau mandi berendam.

"Ketika digunakan sebagai aplikasi topikal, minyak pijat atau produk perawatan kulit lainnya diserap melalui kulit. Ketika digunakan melalui inhalasi, molekul-molekul bergerak dari hidung atau mulut ke paru-paru, otak dan bagian tubuh lainnya, " ucap Nita Landry, MD, seorang dokter kandungan dan co-host The Doctors, dikutip dari The Bump.


Nah, begitu berada di dalam rongga hidung, molekul mengirimkan pesan kimiawi ke bagian otak yang memengaruhi emosi., Bunda. "Ketika kita mencium aroma, itu memicu segala macam respons dalam tubuh kita yang memengaruhi emosi dan fisik kita," kata Galper.

"Itulah sebabnya mencium sesuatu yang enak bisa membuat kita lapar atau mencium sesuatu bisa membuat kita dalam mood. Ketika kita merasa sakit atau tidak nyaman, respons stres kita terpicu, dan aromanya dapat menjadi alat yang mendalam untuk membantu memperbaiki cara kita merespons stres," ujarnya.

Apa saja minyak esensial terbaik untuk ibu hamil? Galper pun membuat rekomendasi berikut untuk pasiennya. Namun, perlu digaris bawahi bahwa penting sekali untuk tanyakan kepada dokter kandungan sebelum mencobanya sendiri.

1. Untuk meredakan mual

Galper menyarankan ibu hamil menggunakan minyak esensial lavender, chamomile, peppermint, jahe. Bunda bisa mengendus langsung dari botol, atau mengendus lewat bola kapas atau tisu dengan satu atau dua tetes.

"Mereka meredakan sakit perut dan minyak esensial yang baik untuk mual di pagi hari," kata Galper.

2. Untuk meredakan nyeri otot atau pegal

Minyak esensial terbaik untuk meredakan nyeri otot pada ibu hamil adalah lavender, ylang-ylang, jahe, chamomile, kemenyan. Galper menyarankan, tambahkan total 12 tetes minyak esensial ke 2 sendok makan minyak dasar, seperti minyak jojoba atau almond.

Minyak esensialMinyak esensial/ Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz

3. Untuk mengobati wasir

Untuk mengobati wasir, Galper menyarankan ibu hamil memakai minyak esensial teatree, cypress, geranium, lavender. "Ini bisa meredakan pembengkakan dan iritasi," kata Galper.

Campurkan ketiga minyak esensial (total 8 tetes) dan tambahkan campuran ke 2 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan ramuan langsung ke daerah yang terkena dengan bola kapas atau jaringan.

4. Untuk meningkatkan kualitas tidur

Ibu hamil disarankan memakai minyak esensial lavender, ylang-ylang, mandarin, frankincense.

"Tambahkan total 12 tetes minyak esensial ke 2 sendok makan air suling dalam botol semprotan, dan bantal sebelum tidur," katanya.

Sekali lagi, sebelum memutuskan untuk memakai minyak esensial, lebih baik konsultasikan ke dokter kandungan dahulu ya, Bunda.

Simak juga cerita Winda Idol marah dan sempat malu saat hamil anak ketiga:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi