sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Cara Menjaga Mood Ibu Hamil Tetap Bahagia Selama Pandemi Covid-19

Mutiara Ananda Minggu, 09 Aug 2020 11:16 WIB
Pregnant, Human Abdomen, Women, Father, Men caption
Jakarta -

Kehamilan menjadi salah satu momen paling membahagiakan untuk para Bunda. Meski diwarnai kesulitan dan perjuangan di awal kehamilan, biasanya hal itu tidak akan mempengaruhi kegembiraan menyambut buah hati.

Namun, hamil di masa pandemi Covid-19 membuat sebagian ibu hamil jadi lebih khawatir. Akses mencari dokter kandungan lebih terbatas. Hingga kegiatan yang berubah drastis selama beberapa bulan terakhir.

Masa kehamilan yang dilalui di masa new normal memang terasa berbeda dari kehamilan pada umumnya. Meski begitu, Bunda tetap harus menjaga kebahagiaan agar si kecil mendapatkan energi yang positif, ya.


Dilansir Newsweek dan Parents, berikut 7 cara praktis agar Bunda memiliki kehamilan yang bahagia selama era Covid-19.

1. Tetap sehat

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa aktivitas fisik dapat memberikan banyak manfaat pada kesehatan nih, Bunda. Untuk itu, Bunda bisa melakukan aktivitas fisik seperti latihan kehamilan. Latihan ini juga dapat menjaga berat badan Bunda agar tetap terkendali, lho.

2. Manjakan diri

Saat hamil, bukan berarti Bunda tidak bisa merawat kulit secara rutin. Mempersiapkan segala sesuatu sebelum kelahiran si kecil memang penting. Tapi, merawat diri dan menjaga kejernihan pikiran Bunda juga hal yang tidak boleh dilewatkan.

3. Jadilah seorang ratu

Pada saat hamil, semua orang akan memaklumi Bunda nih. Jadi Bunda harus memanfaatkan keadaan ini sebaik mungkin. Bunda bisa pergi ke spa dengan proteksi yang aman, mandi lama, dan tidur siang. Jika pekerjaan rumah yang Bunda lakukan terlalu banyak, Bunda bisa menyewa seorang ART atau menelpon seorang teman.

Doctor during consultation held in his hand and shows patient anatomical model of male sperm. Counseling of men and couples about male infertility, sperm pathology, impossibility to get pregnant7 cara menjaga mood ibu hamil tetap bahagia/ Foto: iStock

4. Carilah informasi

Kehamilan pada masa pandemi akan membuat Bunda merasa cemas. Untuk meredam itu semua, Bunda bisa mencari buku kehamilan yang direkomendasikan oleh dokter, bidan, atau seorang teman.

5. Bermanja pada suami

Saat sedang hamil, suami biasanya tidak tahu bagaimana harus membantu meringankan beban Bunda, nih. Untuk itu, biarkan suami memanjakan Bunda. Biarkan ia menanyakan apa yang Bunda butuhkan. Mungkin penggosok punggung, bahu, atau sekedar membelikan makanan.

6. Jadilah nakal

Bunda bisa melakukan beberapa keisengan selama kehamilan, nih. Bertingkahlah nakal dengan mewarnai perut menjadi biru atau pink untuk mempertanyakan jenis kelamin si kecil. Ini bisa meningkatkan kebahagiaan Bunda agar terhindar dari rasa cemas.

7. Pergi kencan

Sebelum si kecil lahir, Bunda harus gunakan waktu Bunda yang terbatas dengan suami, nih. Memperdalam hubungan dengan pergi kencan di akhir pekan adalah ide yang bagus. Bagikan harapan dan ketakutan Bunda dan suami saat akan mengasih si kecil nantinya.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Bunda.

Ibu hamil yang sedang sedih, ada pesan dari Marissa Nasution nih. Klik video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!