Sign Up search


kehamilan

Emosi Tak Stabil Bisa Jadi Tanda Bunda Sedang Hamil Muda

Siti Hafadzoh Sabtu, 29 Feb 2020 08:01 WIB
Emosi Tak Stabil Bisa Jadi Tanda Bunda Sedang Hamil Muda Emosi Tak Stabil Bisa Jadi Tanda Bunda Sedang Hamil Muda/ Foto: iStock
Jakarta - Ketika hamil, banyak hal dalam diri Bunda yang berubah, baik fisik maupun emosional. Salah satu perubahannya adalah ibu hamil kerap mengalami mood swing.

Mood swing ketika hamil adalah hal yang umum terjadi. Kondisi ini terjadi ketika trimester pertama, sekitar pada minggu ke 6-10 kehamilan. Mood swing akan berlanjut hingga trimester tiga, menjelang kelahiran si kecil.


Dilansir American Pregnancy, perubahan mood selama hamil terjadi karena tekanan psikis, kelelahan, perubahan metabolisme, atau hormon estrogen dan progesteron. Perubahan yang signifikan pada tingkat hormon dapat memengaruhi neurotransmiter, senyawa di dalam otak yang mengatur mood.


"Kehamilan adalah titik transisi dari kehidupan seorang wanita dan selama transisi, emosi seseorang bisa naik dan turun," kata Dr Mary Kimmel, direktur medis di Perinatal Psychiatry dikutip dari Live Science.

Emosi Tak Stabil Bisa Jadi Tanda Bunda Sedang Hamil MudaIlustrasi hamil muda/ Foto: iStock

Kimmel mengatakan, wanita tidak terbiasa mengalami perubahan suasana hati seperti itu. Kondisi ini terjadi terutama ketika awal kehamilan dan menjelang melahirkan.

Belum ada alasan yang jelas kenapa fluktuasi mood ini terjadi. Kimmel mengatakan, sejumlah perubahan terjadi dalam tubuh wanita dan berdampak dengan emosinya. Salah satu alasannya adalah banyaknya hormon ketika hamil.


"Beberapa wanita sensitif terhadap perubahan estrogen. Sedangkan yang lain dipengaruhi kadar progesteron atau hormon stres," ujar Kimmel.

Nah, mengingat mood swing dapat terjadi sejak trimester awal, ini dapat menjadi salah satu tanda kehamilan. Untuk mengatasi mood swing, berikut hal yang dapat Bunda lakukan.

1. Tidur yang cukup.
2. Beristirahatlah di siang hari untuk bersantai.
3. Lakukan aktivitas fisik yang teratur.
4. Makan dengan baik.
5. Habiskan waktu bersama pasangan.
6. Istirahat.
7. Jalan-jalan.
8. Lihat film dengan seorang teman.
9. Jangan terlalu keras pada diri sendiri.
10. Coba kelas yoga atau meditasi kehamilan.
11. Dapatkan pijatan, pergi ke spa.

Bunda, lihat juga style baju kerja untuk ibu hamil di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi