sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Buah Delima Bisa Bikin Bunda Cepat Hamil?

Haikal Luthfi Jumat, 07 Aug 2020 15:10 WIB
Anorexic young girl eating pomegranate with disgust in kitchen caption
Jakarta -

Pomegranate atau biasa dikenal dengan delima adalah buah yang dapat hidup di daerah tropis maupun subtropis. Buah yang identik dengan warna merah ini memiliki rasa yang manis dan terdapat butiran butiran biji berwarna putih pada daging buahnya.

Buah delima mengandung banyak air, sehingga menjadikan buah ini sangat segar untuk dikonsumsi. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah delima juga dapat diolah menjadi jus lho Bunda.

Dikutip dari Medical News Today, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah delima mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, dan mengurangi peradangan. Kandungan flavonolnya dapat mencegah osteoartritis dan kerusakan pada sendi, juga berperan dalam proteksi penyakit kardiovaskular seperti kolesterol dan penyakit jantung. Sementara vitamin C dalam buah delima berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara maksimal, Bunda.


Manfaat buah delima

Seperti yang telah dijelaskan, buah delima memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, Bunda. Namun, ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan, buah delima juga disebut-sebut memiliki manfaat pada kesuburan. Benarkah?

Anorexic young girl eating pomegranate with disgust in kitchenBuah delima/ Foto: ilustrasi/thinkstock

Sejak dahulu, buah delima dipandang sebagai simbol kesuburan. Bahkan anggapan tersebut hingga kini masih ada di beberapa negara. Dilansir dari laman Very Well Family, buah delima telah lama dikaitkan dengan kesuburan dan kelahiran karena buah ini memiliki banyak biji. Meskipun ini bukan alasan ilmiah untuk menjelaskan khasiat buah delima, akan tetapi hal ini tentu saja menarik.

Buah delima sarat dengan antioksidan yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Dalam sebuah studi tahun 2014, 70 pria dewasa yang tidak memiliki sperma yang cukup sehat diambil sampelnya untuk disumbangkan ke bank sperma tablet yang mengandung ekstrak buah delima dan bubuk akar galanga. Dalam kurun waktu tiga bulan pengobatan, motilitas sperma meningkat sebanyak 62 persen.

Senada dengan itu, sebuah studi dari King Saud University yang berjudul "Effects of Pomegranate Juice on the Sexual Behavior, Fertility and Protective Activity Against Aluminum Exposure in Male Mice (2020)" menunjukan bahwa buah delima memiliki pengaruh pada perilaku seksual dan kesuburan. Buah delima dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita, salah satu hormon utama di balik dorongan untuk melakukan hubungan intim, sehingga cocok bagi pasangan baru yang ingin segera memiliki momongan, Bunda.

Nah, di samping bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita, ternyata buah ini juga bermanfaat untuk ibu hamil, yakni dapat mencegah kerusakan otak pada bayi yang dikandungnya. Itu karena buah delima mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin K, asam folat dan beberapa mineral lainnya.

Studi yang dilakukan Washington University School of Medicine menunjukan bahwa kandungan buah delima memiliki sifat anti-inflamasi yang tinggi. Hal ini dapat memastikan aliran darah yang sehat, yang sangat penting untuk perkembangan janin secara keseluruhan.

Kandungan kalium dalam buah ini juga dapat membantu mencegah kram kaki yang umumnya terkait dengan kehamilan. Ketika buah delima dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil, dapat menurunkan resiko kelahiran secara prematur, Bunda.

Cara makan buah delima

Mengonsumsi buah yang satu ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara langsung atau dimakan dengan berbagai camilan lezat dan menyehatkan. Buah delima bisa menjadi topping yang bagus untuk menu olahan, seperti yogurt, oatmeal, dan salad lho, Bunda.

Selain itu, buah delima dapat disajikan dalam bentuk hidangan jus. Dikutip dari Very Well Health, apabila membeli jus dalam bentuk kemasan, pastikan komposisinya tidak mengandung bahan kimia seperti pemanis buatan. Carilah jus yang bersifat organik. Pastikan juga apakah jus tersebut telah dipasteurisasi atau tidak. Sebab, proses pasteurisasi tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya, tetapi juga dapat membunuh senyawa lain dalam jus.

Bunda sebaiknya mempertimbangkan untuk membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat jus delima sangatlah mudah, cukup keluarkan setiap bulirnya dari daging buah, kemudian masukkan ke dalam blender, dan haluskan. Setelah itu, saring untuk menghilangkan seratnya.

Nah, selamat mencoba ya Bunda!

Simak juga Bunda, ciri hamil dilihat dari perubahan kulit pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!