sign up SIGN UP search


kehamilan

Ingin Cepat Hamil? Ketahui Manfaat Buah Kundur untuk Kesuburan, Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 10 Nov 2020 08:27 WIB
Bottle gourd (Lagenaria siceraria Standl.) Hanging on a wooden structure in farm caption

Jakarta - Mendapatkan kehamilan mungkin menjadi beban bagi sebagian pasangan. Berbagai cara dilakukan termasuk mengonsumsi asupan yang dipercaya mempercepat kehamilan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan pasutri untuk mendapatkan kehamilan sesegera mungkin di antaranya memperbaiki pola hidup sehat dalam keseharian. Tidak saja mengonsumsi sayur-sayuran, protein, tetapi juga mengonsumsi buah-buahan.

Berbagai buah pun dikenal efektif mendukung program hamil yang sedang dijalani. Salah satunya yakni buah kundur. Buah ini diketahui sangat aman dikonsumsi dalam jumlah sedang saat pasutri mencoba untuk hamil.


Jika Bunda ataupun pasangan mengonsumsinya, hal ini tidak akan memberikan dampak negatif pada kesehatan, termasuk tidak berdampak pada jumlah sperma, seperti dikutip dari laman Babyment.

Meski demikian, Bunda dan Ayah disarankan tidak berlebihan mengonsumsi buah kundur dikarenakan buah ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan ketika dikonsumsi berlebihan.

Buah ini juga diketahui kaya nutrisi yang mengandung antioksidan, zinc, dan vitamin C. Sehingga dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah kundur juga dikenal kaya akan vitamin B2 di mana dapat membantu mencegah sakit kepala yang kerap timbul. Selain itu, buah kundur juga dikenal sangat bergizi karena tinggi dengan vitamin seperti vitamin K, B1, E, B6, folat, dan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi yang bermanfaat untuk perkembangan sehat bayi nantinya ketika Bunda hamil.

Melansir Foodndtv, menjalani promil hingga kehamilan menjadi masa-masa yang menantang bagi wanita. Untuk itu, diet sehat diperlukan di fase ini.

Meskipun buah-buahan dikatakan padat nutrisi dan dapat mengatasi rasa lapar sebelum waktunya, dr Rahul Manchanda, ahli bedah dari PSRI Hospital mengatakan bahwa sebaiknya menghindari beberapa buah karena dapat memengaruhi kehamilan dengan cara tertentu.

"Beberapa buah perlu dihindari termasuk pepaya yang dapat menyebakan keguguran dan terkadang bahkan anggur karena mengandung senyawa yang dikenal sebagai resveratrol yang meningkatkan ketidakseimbangan hormon selama kehamilan,"ujarnya.

Bunda juga sebaiknya menghindari pare dikarenakan dapat mengiritasi rahim dan menyebabkan keguguran. Faktanya, pare mengandung komponen yang sangat beracun seperti kina, glikosida dan morodisin. Ketika diserap di dalam tubuh dapat menyebabkan mual, ruam, diare, dan sakit perut.

Jadi, pastikan Bunda tidak sembarang mengonsumsi buah-buahan baik selama program kehamilan hingga hamil nantinya ya, Bunda. Pastikan juga Bunda mencuci buah-buahan dengan benar guna menghilangkan adanya bahan kimia yang mungkin menempel di kulit buah dimana dapat menimbulkan infeksi dan memengaruhi kesehatan ibu serta janin.

Serta, senantiasa berkonsultasi dengan dokter agar program kehamilan dapat berjalan dengan lancar ya, Bunda. Semoga membantu informasinya, Bunda!

Bunda yang ingin cepat hamil, simak tipsnya dari dokter Reisa yuk! Klik video di bawah:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi