kehamilan

Cerita Tantri 'Kotak' Sempat Kena Toksoplasma di Awal Kehamilan

Asri Ediyati Rabu, 21 Aug 2019 17:33 WIB
Cerita Tantri 'Kotak' Sempat Kena Toksoplasma di Awal Kehamilan
Jakarta - Tantri Syalindri dari Band 'Kotak' berbagi pengalaman kehamilannya yang kedua di akun Instagram-nnya. Diceritakan Tantri, di awal kehamilan, ia terdeteksi toksoplasma. Ia sempat shock, takut, dan sedih dengan kondisi janinnya.

"Ada yang nemenin cek adek, ada cerita sedikit sebenernya kehamilan saya di awal terdeteksi toksoplasma, yang enggak tahu Google ya. Sempet shock, takut dan sedih. Pengen cerita banyak dalam bentuk video aja sih," kata Tantri.

Tantri belum menceritakan secara detail tentang toksoplasmosis yang ia idap. Namun, di unggahan sebelumnya, Tantri yang melakukan check up rutin bulanan, khawatir karena bobotnya lebih berat dari kehamilan pertama.

"Gue lebih deg-degan pas disuruh cek berat badan ibunya sih. Pas tau gilingaaannn rasanya pengen bilang ke suster jangan teriak ya sus, ngomongnya pelan-pelan saja. Ada enggak sih yang sama ceritanya pas hamil anak kedua BB (berat badan) lebih berat dari kehamilan anak pertama?" tulis Tantri.


Terkait yang dialami Tantri, toksoplasmosis sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi Toxoplasma gondii (T.gondii) yang termasuk parasit coccidian. Pada orang yang memiliki fungsi sistem kekebalan tubuh normal mungkin infeksi yang dialami termasuk ringan.
Tantri 'Kotak' dan keluarga/ Tantri 'Kotak' dan keluarga/ / Foto: Asep Syaifullah

Namun, jika menyerang orang yang memiliki gangguan pada sistem kekebalan tubuh maka infeksi yang terjadi mungkin lebih parah dan menyebabkan gejala seperti demam serta pembesaran kelenjar getah bening. Namun pada beberapa orang tidak muncul gejala dan baru terdeteksi saat melakukan tes darah.

Dikutip dari detikcom, umumnya toksoplasma dikeluarkan dari tubuh kucing melalui kotorannya dan bukan dari bulunya. Meski sebenarnya beberapa laporan mengatakan kasus infeksi toksoplasma lebih banyak terjadi akibat konsumsi daging mentah. Untuk diketahui kucing mengeluarkan parasit dari kotorannya dalam waktu 2 - 3 minggu setelah pertama kali terinfeksi.

William Sullivan, profesor farmakologi dan toksikologi serta mikrobiologi dan imunologi di Indiana University School of Medicine mengatakan ada banyak cara seseorang terinfeksi toksoplasma.

"Kebiasaan makan daging mentah bisa menjadi jalan masuk parasit ini ke tubuh. Sebab daging mentah bisa menjadi semacam pelabuhan bagi parasit tersebut," ujar Sullivan dilansir CNN.

Prof Sullivan menyarankan agar Bunda memastikan daging yang hendak dimakan telah matang secara menyeluruh. Cara lainnya adalah dengan membekukan daging terlebih dahulu.

Simak juga mitos dan fakta kucing sebabkan mandul.

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi