sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Minum Air Hangat Selama Hamil, Salah Satunya Bikin Kulit Sehat

Annisa Karnesyia Selasa, 01 Sep 2020 18:23 WIB
Ibu Hamil Minum Air Putih caption
Jakarta -

Kebutuhan nutrisi selama kehamilan harus dipenuhi untuk kesehatan ibu dan janinnya. Hal yang sama juga berlaku untuk konsumsi cairan, Bunda.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Dr. Boy Abidin, SpOG, mengatakan bahwa ibu hamil membutuhkan lebih banyak cairan dibanding biasanya. Setidaknya, ibu hamil dianjurkan minum air sebanyak tiga liter dalam sehari ya.

"Minum air putih itu memang yang terbaik," kata Boy.


Selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi cairan yang cukup bisa membantu membuang racun dari dalam tubuh. Nah, bagi ibu hamil, cara paling mudah mendapatkan cairan adalah dengan banyak minum air putih.

Beberapa wanita mencoba minum air hangat dengan tujuan mengatasi kelelahan atau dehidrasi. Lalu benarkan air hangat bagus diminum ibu hamil?

Ibu Hamil Minum Air PutihIbu Hamil Minum Air Putih/ Foto: iStock

Melansir dari Being the Parents, minum air hangat selama kehamilan memang bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Namun, air hangat juga memiliki banyak manfaat lain untuk ibu hamil. Berikut 5 manfaatnya:

1. Membantu detoksifikasi dan mengatasi masalah pencernaan

Minum segelas air hangat selama kehamilan dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air hangat membuat saluran pencernaan bersih dan memudahkan nutrisi mencapai bayi dalam kandungan. Minum air hangat juga bisa mencairkan endapan minyak dan lemak di dalam tubuh.

2. Membantu mengurangi mual di pagi hari

Minum air hangat selama kehamilan akan mengurangi terjadinya mual di pagi hari. Selain itu bisa mengurangi keasaman dan rasa mulas.

3. Mengatasi konstipasi

Air hangat diketahui dapat meningkatkan pergerakan usus, sehingga memastikan pencernaan yang sehat dan menghindari sembelit. Pencernaan yang lebih baik dan kandungan racun dalam tubuh yang lebih rendah dapat membantu tubuh rileks dan nyaman.

4. Kesehatan bronkial yang lebih baik

Air hangat juga memastikan kesehatan bronkial yang baik hingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi tenggorokan, pilek, batuk dan flu. Air hangat bermanfaat diminum selama musim dingin ketika infeksi virus sering terjadi.

5. Tubuh terhidrasi dengan baik

Minum air hangat selama kehamilan dapat membantu tubuh Bunda tetap terhidrasi. Air putih hangat juga bisa mengatasi perubahan hormon untuk melanjutkan proses metabolisme alami tubuh. Secara tidak langsung, minum air hangat juga bisa membuat kulit sehat selama hamil.

Simak juga 14 ciri hamil yang jarang disadari, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi