sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Memenuhi Nutrisi Janin, Saat Bunda Mual dan Muntah di Trimester 1

Asri Ediyati Sabtu, 05 Sep 2020 16:49 WIB
Young Pregnant Woman Suffering With Morning Sickness In Bathroom caption
Jakarta -

Mual dan muntah di tiga bulan pertama kehamilan, membuat Bunda kesusahan menelan makanan. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon kehamilan yang melonjak drastis. Apakah Bunda juga mengalaminya?

Mual dan muntah di awal kehamilan biasa disebut dengan morning sickness. Menurut dr.Adi Widodo Sp.OG(K), ini adalah salah satu pertanyaan paling sering dari pasien yang berkunjung saat trimester pertama, Bunda.

"Kadang-kadang ibu khawatir datang berkunjung di trimester pertama. Keluhannya muntah, enggak bisa makan, enggak bisa minum, bagaimana perkembangan anak saya?" kata Adi saat mengisi HaiBunda Tanya Expert, beberapa waktu lalu.


"Jadi ibu jangan khawatir kalau seandainya ibu enggak bisa makan apa-apa. Yang enggak boleh kalau di kehamilan awal atau muda itu kalau sampai enggak bisa minum. Kalau muntah-muntah enggak bisa minum, baru kita ke rumah sakit," ujarnya.

Mengapa ibu hamil tak perlu khawatir jika tidak bisa makan di tiga bulan pertama? Adi mengatakan, pada tiga bulan pertama yang diserap bayi bukan makanan ibunya, melainkan zat gizi dari tubuh ibu.

"Walaupun ibunya enggak makan apa-apa, perkembangan tetap baik. Selama status gizi ibunya itu cukup. Jadi jangan takut tuh, 'Dok saya enggak bisa makan, Dok saya enggak bisa vitamin yang dikasih sama dokter, saya enggak bisa minum susu 3 bulan pertama,'" papar Adi.

Adi menegaskan jika ibu hamil tidak bisa makan dengan baik di tiga bulan pertama, tidak berpengaruh dengan perkembangan bayinya. Karena bayinya masih kecil sekali.

"Saya sering menceritakan pada pasien, kita beratnya 60 kg kita makan nasi satu piring 300 gram. 300 gram itu enggak sampai 1 persen dari berat badan kita," kata Adi.

Young pregnant woman at home, closeupCara Memenuhi Nutrisi Janin, Saat Bunda Mual dan Muntah di Trimester 1/ Foto: iStock

"Kalau bayi usia 12 minggu, itu ukurannya paling sekitar 9 cm, equivalennya itu 9 gram bayinya. Bayangin kalau beratnya cuma 9 gram, dia makannya berapa," lanjutnya.

Benar juga ya Bunda kata dr. Adi, kita saja berat 60 kg makannya cuma 300 gram, sementara bayi beratnya cuma berapa? Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pada dasarnya mual dan muntah di awal kehamilan itu ada maksudnya.

"Jangan khawatir, saya selalu bilang Tuhan menciptakan sesuatu pasti ada maksudnya. Kenapa mual dan muntah pada kehamilan, itu sebenarnya salah satu upaya bayi menghindarkan ibu makan yang salah. Lebih bahaya, lho," ujar Adi.

"Lebih bahaya kalau kita makan yang salah 3 bulan pertama dibandingkan kita enggak makan apa-apa. Kalau 3 bulan pertama itu makan sembarangan, bisa berpengaruh pada bayi. Makanya Tuhan itu menciptakan 3 bulan pertama itu ibunya mual dan muntah," sambungnya.

Jadi sudah jelas ya Bunda jawabannya, jika ibu hamil tidak bisa makan selama tiga bulan pertama itu tidak perlu khawatir. Yang harus dikhawatirkan apabila ibu hamil tidak bisa minum, apabila terjadi maka harus dilarikan ke rumah sakit.

Simak juga video soal 14 ciri hamil yang jarang disadari:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi