kehamilan

10 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Bunda Tahu

Asri Ediyati Kamis, 06 Jun 2019 16:00 WIB
10 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Bunda Tahu
Jakarta - Jika berencana untuk memulai program kehamilan, maka seorang wanita perlu mengikuti pola hidup layaknya ibu hamil. Sayangnya meski sudah direncanakan, sebagian besar wanita tak langsung sadar mereka sedang hamil. Biasanya baru mengetahui setelah lama tidak mengalami haid.

Padahal pekan-pekan pertama kehamilan sangat penting untuk masa depan kondisi janin, lho. Dikutip dari Early Pregnancy Tests, pekan-pekan pertama akan ada pembelahan sel dan pertumbuhan yang eksplosif. Untuk itu, direkomendasikan semua calon ibu perlu mengonsumsi multi-vitamin prenatal yang mencakup asam folat.




"Nutrisi sebelum kehamilan diperlukan untuk mencegah kekurangan asam folat, zat besi, antioksidan, dan vitamin D. Diperlukan juga asupan kalsium, zink dan asam folat untuk mempersiapkan organ reproduksi. Makronutrisi seperti karbohidrat, protein, dan asupan rendah lemak juga diperlukan untuk menjaga berat badan yang ideal," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur.

Nah, supaya enggak terlewat, simak sepuluh ciri-ciri hamil 1 bulan yang bisa Bunda ketahui, dikutip dari Life Hack.

1. Payudara bengkak

Salah satu tanda kehamilan yang paling umum adalah payudara yang bengkak atau sakit. Saat payudara bersiap memproduksi ASI untuk bayi, payudara akan terisi dan sedikit berubah bentuk. Itulah yang terjadi pada tahap awal kehamilan.

Rasa sakit ini biasanya akan berlangsung selama beberapa bulan, tetapi tidak semua wanita akan mengalami ini. Bunda cenderung mengalami ini jika sebelumnya menggunakan pil KB.

2. Kelelahan

Merasa lelah pada awal kehamilan juga sangat umum, karena itu membuat tegang ketika tubuh sedang bekerja menciptakan bayi. Gejala-gejala ini cenderung hilang pada sekitar usia 12-minggu, karena pada saat itu plasenta sepenuhnya terbentuk.
10 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Bunda TahuFoto: Istock

3. Keluar bercak

Normal untuk mengalami pendarahan yang sangat ringan sekitar lima hingga sepuluh hari setelah pembuahan, karena inilah saat embrio ditanamkan di dalam rahim. Banyak wanita berpikir pendarahan ini adalah menstruasi, tetapi biasanya lebih ringan dari menstruasi dan tidak berlangsung lama.

4. Sensitif dengan bau

Jika Bunda lebih peka dengan aroma di rumah dan kantor, ini bisa menjadi tanda hamil. Peka terhadap bau adalah salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum. Beberapa peneliti percaya ini mungkin untuk melindungi wanita hamil dari makan makanan yang bisa berbahaya bagi bayi.

5. Sembelit

Ketika mengandung anak, rahim akan menekan kandung kemih, sehingga mungkin merasa perlu buang air kecil lebih sering. Tekanan dan perubahan pada usus ini juga dapat menyebabkan konstipasi, sehingga keduanya bisa menjadi tanda awal kehamilan.

6. Terasa lebih pusing

Tekanan darah secara bertahap dapat menurun pada awal kehamilan karena kombinasi dari hormon yang bergeser dan jantung berdetak lebih cepat. Ini bisa membuat pingsan dan pusing. Tetapi jangan khawatir, ini normal untuk tahap awal kehamilan. Jika Bunda secara teratur merasa pusing dan khawatir, pesanlah pemeriksaan dengan dokter.

7. Merasa mual

Merasa mual adalah efek samping yang sangat umum pada tahap awal kehamilan, kita semua pernah mendengar istilah morning sickness yang dialami oleh sekitar 80 persen wanita hamil. Ini biasanya berlangsung selama tiga bulan pertama kehamilan. Untuk beberapa wanita, itu tidak terbatas pada pagi hari dan dapat terjadi kapan saja di siang hari.
10 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Bunda TahuFoto: iStock
8. Terlambat haid

Terlambat haid mungkin tampak seperti pertanda pasti akan kehamilan, tetapi ada banyak alasan mengapa wanita bisa melewatkan menstruasi, termasuk stres atau diet. Namun, jika Bunda melewatkan menstruasi, Bunda perlu membeli tes kehamilan untuk memastikannya.


9. Ada rasa logam di mulut

Meskipun tidak ada penjelasan ilmiah sejauh mengapa wanita hamil mendapatkan rasa logam di mulut mereka, banyak wanita telah mengalami gejala ini - dan bagi sebagian wanita, rasa logam di mulut bisa bertahan selama masa kehamilan.

10. Merasa lebih lapar

Merasa lebih lapar adalah ciri-ciri hamil muda, tubuh bekerja ekstra keras untuk memberi makan calon bayi, sehingga wanita hamil membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra per hari. Bunda mungkin merasa lapar sepanjang hari, atau mungkin mengidam makanan yang tidak biasa jika hamil satu bulan.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi